Bakar Mobil dan Ledakan Bom Warnai Simulasi Pengamanan Pemilu di Lamongan

Ledakan Bom Warnai Simulasi Pengamanan Pemilu di Lamongan
Sumber :
  • Imron/Viva Jatim

Lamongan, VIVA Jatim- Kericuhan terjadi di Kabupaten Lamongan saat pemilihan umum berlangsung. Ratusan massa pendukung salah satu calon tertentu membakar mobil milik salah satu warga yang melintas di jalan raya. Massa juga menjarah barang-barang yang ada di dalam mobil.

Yuhronur Efendi Daftar Cabup Lamongan ke Demokrat, Ingin Direkom Lagi

Suasana di Lamongan juga semakin genting setelah salah seorang warga melaporkan adanya kotak yang mencurigakan yang sengaja ditaruh oleh oknum orang tak dikenal di tempat umum. Kotak itu diduga kuat merupakan bom waktu.

Tim Penjinak bom (Jibom) Gegana Polda Jatim yang menerima laporan kemudian mendatangi lokasi ditemukannya bom. Di situ Brimob kemudian mengevakuasi dan meledakkan bom dengan daya ledak tinggi tanpa ada satupun korban jiwa.

Polres Lamongan Ungkap Siswi SD Meninggal dengan Pankreas Luka bukan karena Dibully

Namun atraksi peledakan bom dari Brimob Polda Jatim dan Polres Lamongan tersebut adalah rangkaian Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), sebagai bentuk kesiap-siagaan mereka dalam menghadapi pemilu tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Dalam simulasi tersebut juga memperagakan adegan anggota komisioner KPU Lamongan diculik dan disekap di dalam sebuah gudang. Tak butuh waktu yang cukup lama Brimob Polda Jatim yang menerima laporan kemudian berhasil menyelamatkan sandra.

Ziarah ke Makam Sunan Bungkul, Wakapolda Jatim Wakafkan 41 Alquran

Kapolres Lamongan AKBP Yakhob Silvana Delareskha mengatakan, simulasi yang dilakukan di alun-alun Kota Lamongan ini diikuti oleh 11 ribu petugas gabungan. Kegiatan ini menurutnya adalah rangkaian untuk mengantisipasi terjadinya kericuhan pada saat pemilihan berlangsung.

Kegiatan ini, kata Yakhob juga sekaligus memantapkan personil dalam pengamanan pemilu nantinya. 

Halaman Selanjutnya
img_title