HUT IDI ke-73, Dokter Spesialis Se-Indonesia Buka Layanan Kesehatan Gratis di Lamongan

Dokter Spesialis jiwa saat memberikan edukasi kepada masyarakat
Sumber :
  • Viva Jatim/Imron Saputra

Lamongan, VIVA Jatim – Rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke-73, diperingati sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Di mana saat itu masyarakat datang ke poli untuk  diberikan pengobatan. Namun saat ini, para dokter yang datang langsung dan memberikan pengobatan gratis bagi masyarakat di 32 Puskesmas di wilayah Lamongan.

Curi Ikan di Laut Indonesia, KKP Tangkap Kapal Ikan Berbendera Malaysia

Aksi pengobatan gratis ini tak hanya melibatkan dokter spesialis di wilayah Jawa Timur khususnya Lamongan saja, namun aksi ini juga diikuti oleh perwakilan dokter spesialis IDI cabang di seluruh Indonesia. Diketahui, Lamongan dipilih menjadi lokasi pusat peringatan HUT IDI di Indonesia. Tentunya akan ada banyak rangkaian kegiatan yang digelar salah satunya pengobatan gratis.

Adapun pemeriksaan spesialis yang dilakukan para dokter antara lain yakni penyakit dalam, spesialis syaraf, paru, mata, ortopedi, bedah dan jiwa.

Pulang Jenguk Orang Sakit, Remaja di Lamongan Dibacok dan Dibegal

"Jadi khusus puncaknya IDI di Lamongan ada dokter spesialis yang langsung memberikan pelayanan di 32 Puskesmas. Ini metode baru yang kita lakukan dalam pelaksanaan baksos. Kalau selama ini biasanya kan kita kumpulkan masyarakat tapi sekarang dokter spesialis kita dorong untuk terjun langsung ke masyarakat," kata Ketua Umum PB IDI dr. Moh. Adib Khumaidi, didampingi ketua IDI Lamongan Budi Himawan, Sabtu 21 Oktober 2023.

Sementara untuk anggota IDI di setiap cabang di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke mereka juga melakukan berbagai macam kegiatan selama satu bulan di HUT IDI yang ke-73 ini. Untuk acara yang dilakukan beragama sesuai dengan tema peringatan HUT IDI yakni Memperkuat Ikatan Tradisi Luhur Bersatu dan Mengabdi untuk Rakyat Indonesia.

Calonkan Diri Jadi Bupati, Kepala BPKAD Lamongan Siap Mundur dari ASN

Selain pengobatan, di HUT IDI ini juga masih fokus dalam penanganan stunting. Dimana saat ini pemerintah dan IDI telah berupaya menekan kasus stunting di Indonesia. Kasus stunting ini harus segera ditangani mulai dari memberikan edukasi bagi setiap pasangan suami istri, menjaga asupan gizi makanan saat mengandung dan pemberian vitamin.

"Untuk kasus stunting ini, paling banyak berada di luar Jawa, kasus ini bukan berarti terjadi di daerah pegunungan misalnya yang kondisi geografisnya gersang. Tapi bisa juga ditemukan di daerah yang dekat dengan pantai. Maka perlu adanya pemahaman tentang stunting," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title