Mahfud MD Sebut Aparat Penegak Hukum di Indonesia Sangat Rusak!

Mahfud MD usai menghadiri kuliah umum di Universitas Airlangga
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Jakarta, VIVA Jatim – Menko Polhukam yang juga bakal cawapres Mahfud MD menyinggung hukum di Indonesia. Ia mengatakan bahwa aparat penegak hukum di Indonesia ini sudah sangat rusak.

Survei KPK, Skor Integritas 2023 Pemkab Mojokerto Naik di Atas Nasional

"Maka yang akan kita mulai ke depan, isinya itu tidak jelek-jelek amat, bisa diperbaiki pelan-pelan. Tapi ini aparat. Di tempat kita itu, aparat penegak hukum yang rusak," kata Mahfud Md dalam acara diskusi dengan Gen Z di Jakarta Selatan, Senin, 23 Oktober 2023

Sebelumnya, ia menjelaskan, bahwa masalah hukum di Indonesia itu terbagi menjadi tiga. Pertama isi, kedua soal aparat penegak hukum, dan ketiga, yakni budaya atau perilaku masyarakat. 

Mantan Bupati Malang Rendra Kresna Bebas Bersyarat Usai Peroleh Remisi 14 Bulan

"Masalah hukum di Indonesia ini secara konseptual sekarang ini, ada tiga ya. Satu itu isinya, yang kedua aparatnya, yang ketiga budayanya perilaku masyarakatnya," kata Mahfud.

Lebih jauh mantan Ketua MK itu mengatakan, acap kali aparat penegak hukum justru menjadi mafia kasus bahkan melakukan pidana korupsi.

Dissenting Opinion Kali Pertama dalam Sejarah MK, Hampir Pemilu Ulang!

"Aparat hukum itu kan ada jaksa, hakim, polisi, pengacara. Nah, di sini (Indonesia) sering terjadi mafia, sering terjadi korupsi. Di tingkat pemerintah, itu di birokrasi juga sudah sering terjadi transaksi, conflict of interest," imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di viva.co.id berjudul "Menko Mahfud Sebut Aparat Penegak Hukum di Indonesia Sudah Rusakhttps://www.viva.co.id/berita/nasional/1650248-menko-mahfud-sebut-aparat-penegak-hukum-di-indonesia-sudah-rusak?page=1