Jokowi Akan Resmikan Jembatan Kaca di Bromo pada Akhir November 2023

Jembatan Kaca Seruni Point di Kawasan Bromo, Jawa Timur
Sumber :
  • Nur Faishal/Dok.Humas Pemprov Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Jembatan Kaca Seruni Point di Kawasan Bromo, Jawa Timur pada Minggu, 26 November 2023. 

Anggaran Rp 60 Miliar Lebih Digelontorkan untuk Perbaiki Jalan Rusak di Trenggalek

Jembatan yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu telah lulus uji kelayakan untuk penggunaan umum.

"Rencananya, pada tanggal 26 November mendatang, Pak Presiden (Jokowi) akan meresmikan. Uji kelayakan juga telah dilakukan dan kekuatannya aman," ujar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, pada Sabtu, 4 November 2023.

Begini Respon Basuki Hadimuljono soal Dirinya Bakal Mundur dari Kabinet Indonesia Maju

Khofifah menjamin bahwa Jembatan Seruni Point lebih layak dan kuat daripada Jembatan Kaca Limpakuwus di Banyumas, Jawa Tengah. Jembatan Kaca Limpakuwus hanya memiliki satu lapis kaca dengan ketebalan sekitar 1 cm.

Sementara itu, Jembatan Kaca Seruni Point memiliki dua lapis kaca dengan total ketebalan 25,52 mm. Kaca yang digunakan berukuran 1,8 m x 1,5 meter dan jenisnya adalah kaca struktural Tempered Glass yang dilengkapi dengan laminasi Interlayer Sentry Glass Plus. dan bobot satu segmen lantai mencapai 180 kilogram.

Bangunan Permanen Pinggir JLS Tulungagung, Pemkab Minta Bongkar Sendiri

"Jadi, jika dibandingkan dengan jembatan kaca yang ada di Banyumas, Jembatan Seruni Point jauh lebih baik. Karena ketebalan kaca yang digunakan sangat tebal dan safetynya sangat aman," ujar Khofifah.

Menurut Khofifah, Jembatan Kaca Seruni Point juga telah mengalami uji kelayakan dengan melakukan simulasi uji kekuatan menahan beban. Uji tersebut menggunakan bantalan karet jembatan dan di atasnya dinaiki oleh delapan orang dewasa. Hasilnya menunjukkan bahwa jembatan tersebut aman dan terkendali.

Halaman Selanjutnya
img_title