Direktur YLP Yakin Penangkapan 59 Terduga Teroris Bukan Pengalihan Isu Jelang Pemilu 2024

Direktur Yayasan Lingkar Perdamaian Ali Fauzi Manzi
Sumber :
  • Imron/Viva Jatim

Lamongan, VIVA Jatim- Direktur Yayasan Lingkar Perdamaian (YLP), Ali Fauzi Manzi memastikan, penangkapan 59 terduga teroris yang dilakukan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri pada Oktober 2023, lalu bukan sebuah rekayasa.

Emil Sebut Rangkaian Pilpres 2024 Final Usai MK Bacakan Putusan

Penangkapan 59 terduga teroris tersebut benar-benar murni temuan densus 88 dan itu tidak ada sangkut pautnya dengan pengalihan isu menjelang pemilihan presiden (Pilpres) seperti yang diasumsikan oleh sebagai orang di luar sana.

"Jadi saya ingin mendinginkan suasana di luar sana, jika penangkapan lebih dari 59 terduga teroris tersebut bukan merupakan pengalihan isu. Itu murni temuan dari densus," kata Ali Fauzi, Sabtu 4 November 2023.

Sengketa Pilpres di MK Selesai, Prabowo: Lakukan Persiapan Hadapi Masa Depan

Adik mantan bomber bom Bali I Amrozi ini bahkan menyebutkan jika salah satu teroris yang ditangkap densus 88 ialah pemimpinnya yang bernama Abu Umar adalah orang yang ingin menggagalkan pemilu dengan cara melakukan perbuatan amalia atau tindak terorisme.

Ali Fauzi sendiri mengaku mengerti betul sepak terjang Abu Umar. Abu Umar adalah teroris yang baru saja beberapa bulan yang lalu itu bebas dari penjara.

Pedagang Tikar hingga Topi Ketiban Berkah Sidang Putusan Sengketa Pilpres di MK

"Dan salah satu pimpinan teroris ini adalah Abu Umar. Dia akrab dengan saya dan saya faham jejak rekamannya dan baru beberapa bulan beliau bebas dan kemudian ingin melakukan amalia atau bahas mereka tindak terorisme," pungkasnya.