Buka Jambore BUM Desa Jawa Timur ke-III, Gubernur Khofifah: Dongkrak Ekonomi Desa

Suasana Jambore BUM Desa Provinsi Jawa Timur
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

Tulungagung, VIVA Jatim-Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur menggelar Jambore BUM Desa ke-III. 

Halal Bihalal dan Musda IKA SKMA Jatim, Pj Gubernur Adhy Tegaskan Komitmen Soal Hutan

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan bahwa BUM Desa merupakan upaya untuk menyelesaikan masalah kemiskinan. Adanya BUM Desa bisa menambah pendapatan masyarakat dari segi ekonomi.

Hal itu disampaikan Khofifah usai membuka Jambore BUM Desa ke-III di Nangkula Park, tempat yang menjadi salah satu hasil dari BUM Desa Larasati di Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung.

Khofifah Hadiri Resepsi Harlah PMII Ke-64 di Kediri, Ajak Mahasiswa Bangun Konsolidasi Programatik

"Kenapa penguatan berbagai penguatan dalam rangka sebagai upaya mendongkrak ekonomi desa. Jadi BUM desa ini adalah salah satunya dan juga yang sekarang yang kita dorong adalah Desa Devisa," ungkap Khofifah Indar Parawansa kepada awak media, Minggu, 12 November 2023.

Menurut Khofifah, Desa Devisa di Jawa Timur merupakan tertinggi diantara seluruh provinsi lainnya selama 3 tahun berjalan. 

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

“Oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Impor Kementerian Keuangan, jadi kalau desa misalnya mempunyai produk-produk original dan banyak masyarakat yang memproduksi akan didampingi,” katanya. 

Dikatakannya, hal yang sama ketika ada asosiasi lembaga koperasi atau BUM Desa terdekat, sudah memenuhi syarat untuk bisa saling berkolaborasi sebagai penguatan membangun ekonomi desa berkelanjutan. 

Halaman Selanjutnya
img_title