Hari Ini bakal Dilantik Jadi Ketua MK, Begini Komitmen Suhartoyo

Suhartoyo, Hakim Mahkamah Konstitusi
Sumber :
  • Viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim – Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) beberapa waktu lalu telah memutuskan untuk mencopot jabatan Anwar Usman dari Ketua MK. Hal itu sebagai respons dari keputusan MK tentang batas usia capres-cawapres yang dinilai melanggar kode etik. 

MK Bakal Sidangkan 297 Perkara PHPU Pileg 2024

Dicopotnya Anwar Usman dari Ketua MK, maka berdasarkan musyawarah mufakat, sembilan hakim menyepakati Suhartoyo sebagai Ketua MK baru menggantikan Anwar Usman.

Dikutip dari VIVA, Senin, 13 November 2023, adapun pelantikan Suhartoyo sebagai Ketua MK, akan dilakukan pada hari ini, Senin, 13 November 2023. Rencananya akan dimulai pukul 10.00 WIB.

Gerindra Berharap Usai Putusan MK Kondisi Ekonomi Bangsa Membaik

"Jam 10 ya," kata Kepala Biro Hukum Administrasi dan Kepaniteraan (Kabiro HAK) MK, Fajar Laksono, saat dihubungi, Senin, 13 November 2023.

Sementara itu, Suhartoyo terpilih menjadi Ketua MK berdasarkan Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) mengenai pemilihan Ketua MK pada Kamis, 9 November 2023 pagi.

Dissenting Opinion Kali Pertama dalam Sejarah MK, Hampir Pemilu Ulang!

Dalam konferensi pers, Suhartoyo menegaskan dirinya tak pernah meminta jabatan Ketua MK. Suhartoyo menyebutkan, dirinya terpilih karena kehendak para hakim konstitusi lain.

“Yang harus dipahami adalah jabatan ini bagi saya bukan saya yang minta. Tapi, ada kehendak dari para Yang Mulia, bahwa beliau-beliau mempercayakan kami berdua untuk menjadi semacam logo tadi," kata Suhartoyo kepada wartawan, Kamis, 9 November 2023. 

Halaman Selanjutnya
img_title