Ganjar Creasi Dorong Peternak Probolinggo Ekspor Biobriket Merambah Pasar Internasional

Ganjar Creasi Dorong Peternak Probolinggo Ekspor Biobriket
Sumber :
  • Nur Faisal/ Viva Jatim

Probolinggo, VIVA Jatim - Ganjar Creasi gencar menggelar pelatihan pemanfaatan limbah kotoran sapi sebagai pengganti bahan bakar batu bara kepada peternak dan masyarakat umum di Desa Pendil, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, Jatim, pada Jumat 17 Nopember 2023.

Puluhan Jurnalis-Persma Ikuti Pelatihan Indepth Reporting Jayabaya Institue AJI Kediri

Sukarelawan Ganjar Creasi (G-Creasi) yang tergabung dari Generasi Alumni Muda Universitas Brawijaya (UB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Airlangga (Unair) terus mendorong sejumlah peternak di Kabupaten Probolinggo agar bisa mengekspor biobriket ke pasar internasional.

Perwakilan Koordinator Ganjar Creasi Jatim Anwar Sidiq mengatakan biobriket memiliki nilai jual, baik lokal maupun ekspor. Menurut Anwar, jika dijual, biobriket dari kotoran ternak ini bisa dijual Rp 8.000-Rp 10.000 per kilogram. 

Diresmikan Jokowi, Khofifah Optimis Pasar Induk Among Tani Ungkit Geliat Ekonomi Kota Wisata Batu

Selain itu, potensi ekspornya sangat besar karena biobriket merupakan bahan bakar yang ramah lingkungan dan terbuat dari bahan-bahan organik.

"Manfaat ekonomisnya, yaitu briket memiliki nilai jual, baik lokal maupun ekspor. Briket dari kotoran ternak ini lebih tahan lama," ujarnya.

Peringati Hari Pahlawan, Ganjar Creasi Gelar Ziarah Makam Leluhur di Lamongan

Diketahui, kelebihan dari briket kotoran sapi adalah mempunyai panas pembakaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan arang biasa. Walaupun panas yang dihasilkan tinggi, asap yang dihasilkan lebih sedikit dibandingkan arang biasa. Proses produksi briket dari kotoran sapi lebih ramah untuk lingkungan sekitar.

Risa Setiawan sebagai peserta pelatihan menilai kegiatan yang digelar loyalis calon presiden Ganjar Pranowo ini sangat bermanfaat. Setiawan mengatakan dirinya dan peserta lainnya kini bisa membuat bahan bakar pengganti batu bara dari kotoran sapi.

Halaman Selanjutnya
img_title