Diguyur Hujan, Sejumlah Wilayah di Bojonegoro Dilanda Banjir Bandang

Banjir bandang menerjang sejumlah wilayah di Bojonegoro
Sumber :
  • Imron/Viva Jatim

Bojonegoro, VIVA Jatim – Banjir bandang menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Bojonegoro pada Jumat 1 Desember 2023. Akibatnya sejumlah rumah warga dan fasilitas umum dilaporkan tergenang air.

Polri Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Bintara, di Polda Jatim 3 Orang

Dari informasi yang diterima, banjir itu terjadi karena meluapnya sejumlah sungai akibat intensitas curah hujan deras yang mengguyur wilayah setempat. Adapun kecamatan yang dilanda banjir yakni Ngasem, Bubulan dan Dander.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun akibat kejadian tersebut sejumlah rumah warga, masjid dan sekolah terendam. Tak hanya itu, banjir bandang juga menyebabkan Jembatan Penghubung Dusun Ngembul dan Dusun Krajan, Desa Butoh Kecamatan Ngasem putus.

Sudah Disiapkan Rp81 M, Pembebasan Lahan Warga Taman Pelangi Belum Beres

Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Ardhian Orianto mengatakan, saat ini banjir sudah surut. Warga yang rumahnya terendam juga sudah membersihkan endapan lumpur yang menggenangi rumah mereka.

Untuk jembatan yang terputus saat ini masih belum bisa dilewati dan sudah diberi tanda larangan melintas. Sementara untuk ketinggian air rata-rata mencapai 1,2 meter.

Indahnya Pesona Laut yang Tersimpan di Balik Bisingnya Kota Industri Gresik

Terkait hal ini BPBD Bojonegoro juga telah berkoordinasi dengan Dinas PU BM dan Pemdes, guna melaksanakan percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi jembatan yang rusak akibat bencana banjir. Pihak Pemdes diminta agar membuat surat laporan kejadian yang ditujukan kepada Bapak Pj. Bupati Bojonegoro dengan tembusan BPBD Bojonegoro.

"Kami juga memberikan himbauan kepada masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati terutama pada saat hujan deras yang mengakibatkan banjir bandang dan luapan air Sungai. BPBD juga telah memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir," pungkasnya.