Nasib Proyek IKN jika Anies Jadi Presiden RI, Dilanjut atau Dibekukan?

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/ Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimCalon Presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan menyoroti perihal pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Sebab, dalam pandangannya, pembangunan IKN berpotensi memunculkan ketimpangan baru bagi masyarakat.

Bertemu Cak Imin, Duet Mas Dhito-Mbak Dewi Lanjut di Pilbup Kediri 2024

Lantas, bagaimana nasib proyek IKN jika Anies terpilih sebagai Presiden RI periode 2024-2029? Berikut penjelasan Timnas Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN), dikutip dari VIVA, Sabtu, 2 Desember 2023.

Juru Bicara Timnas Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) Mustofa Nahrawardaya bicara soal proyek IKN. Dia mengatakan cara Anies dalam menghadapi atau membuat kebijakan dan program besar demi pembangunan di negeri ini nanti akan membuat semua kagum.

5 Pendaftar Cabup-Cawabup Gresik Temui Cak Imin di Surabaya, Rebutan Rekom PKB?

"Seperti halnya yang terjadi di DKI. Termasuk cara menghadapi proyek IKN," kata Mustofa.

Dia menuturkan ada 4 model untuk menentukan nasib IKN jika Anies jadi RI-1 di 2024. "Pertama, jika program lama dianggap bagus, dan memang niat dan implementasi sejalan, maka program tersebut akan dilanjutkan," jelas Mustofa.

2 Bupati Sidoarjo dari PKB Terjerat Korupsi, Cak Imin: Jangan Lagi Jatuh ke Lubang Sama

Pun, yang kedua, menurut dia, jika program atau proyek peninggalan rezim sebelummya kurang baik, dan setelah dikaji ternyata ada masalah. "Dan, masih bisa ditambal atau dilakukan perbaikan, maka tentu akan diperbaiki," lanjut Mustofa.

Lalu, yang ketiga, dia bicara soal warisan program pembangunan lama ternyata buruk, banyak problem dan cenderung membebani negara. "Maka program tersebut bakal dikaji ulang, bahkan bisa sampai dievaluasi total," tutur politikus Partai Ummat tersebut. 

Halaman Selanjutnya
img_title