Komitmen PKK Trenggalek, Dapur Cinta Bantu Sediakan Makanan Setiap Hari bagi Anak dan Lansia

Ketua TP PKK Trenggalek, Novita Hardini.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Trenggalek, VIVA Jatim – Salah satu program dalam menekan angka stunting, Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek terus memaksimalkan Dapur Cinta (Dapur Cegah dan Atasi Stunting). Kali ini melakukan sosialisasi Program Dapur Cinta di Balai Desa Bendoagung, Kecamatan Kampak.

7 Langkah Jitu dan Mudah Turunkan Berat Badan Usai Lebaran

Menurut Ketua TP PKK Trenggalek, Novita Hardini program ini sebagai bentuk kepedulian dan kehadiran pemerintah daerah terhadap masyarakatnya. Sejalan dengan amanah UUD 1945, karena pemerintah Kabupaten Trenggalek menyediakan makanan gratis setiap hari untuk masyarakat. 

"Yang pertama menyasar balita beresiko stunting, balita stunting, ibu hamil beresiko tinggi dan lansia kurang mampu," ungkap Novita Hardini, Selasa, 12 Desember 2023.23.

5 Jurusan Favorit UIN Tulungagung, Manajemen Miliki Keketatan 1:15 Pendaftar

Novita mengaku awalnya program berjalan sebagai upaya penanganan stunting saja sesuai kesamaan nama Dapur Cinta (Dapur Tangani dan Atasi Stunting). Kendati demikian, dari hari ke hari supaya pemanfaatan program ini bisa diperluas dengan menyasar balita beresiko stunting, ibu hamil beresiko tinggi dan lansia kurang mampu. 

"Makanya program yang sebelumnya dinamai Dapur Cinta ini menjadi Dapur Cinta Plus. Dapur Cinta menyiapkan makanan gratis pagi, siang dan sore hari yang nantinya didistribusikan kepada masyarakat," imbuhnya.

Ketahui 6 Manfaat Konsumsi Kurma saat Jalani Puasa Ramadan

Perempuan alumnus Magister Ekonomi UIN SATU Tulungagung ini mengulas bahwa program ini sendiri merupakan pengembangan dari program yang di inisiasi olehnya Sareng Masak Sama (SMS) SMS Bu Novita. Melalui Tim Penggerak PKK itu bersama pokjanya menyusun resep makanan bergizi kemudian disosialisasikan kepada masyarakat di seluruh wilayah Trenggalek. 

Dikatakannya, anak stunting belum tentu dalam kategori miskin, mungkin saja gegara anak tidak mau makan karena makanan yang disediakan kurang menarik bagi anak. Melalui resep-resep yang dibuat dan diedarkan mendorong para ibu kreatif memasak makanan yang disukai anak namun tidak menyampingkan kandungan gizinya.

Halaman Selanjutnya
img_title