Yooky Tjahrial Inginkan Brand Local Surabaya Jadi Tuan di Wilayah Sendiri

Malam Penghargaan Usahawan Muda dan Insan Kreatif
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Pengusaha sukses Yooky Tjahrial, mengaku ingin memajukan brand lokal bisnis Food and Beverage (F&B) atau cafe yang ada di Surabaya hingga ke kancah nasional. 

Kiat Sukses Berbisnis ala Pengusaha Ternama F&B Yooky Tjahrial

Yooky melihat saat ini Kota Pahlawan sudah kemasukan bahkan menguasai bisnis F&B. Hal tersebut sangat disayangkannya, karena berarti menggeser brand local bisnis F&B Surabaya. 

"Alangkah baiknya pengusaha local itu menjadi tuan rumah. Jadi market sharenya itu harus lebih banyak di brand local. Brand local ini seharusnya yang naik pindah ke tempat lain," kata Yooky pada agenda Malam Penghargaan Usahawan Muda & Insan Kreatif Surabaya, Jumat 22 Desember 2023 malam. 

70 Ton Bumbu Indonesia Diangkut ke Tanah Suci untuk Penuhi Selera Jemaah Haji

Pada agenda tersebut Yooky juga memberikan penghargaan kepada lima outlet F&B, yakni the best quality yang diraih Caturra Espresso, kategori the most improvement yang diraih Wantutu dan kategori the best hospitality yang diraih Kosaku. Lalu, the best community program yang diberikan kepada Lesgou serta the best concept yang diraih oleh Fisixty. 

Penghargaan itu Yooky berikan salah satu maksudnya untuk mendorong brand local naik kelas. 

Imigrasi Surabaya Periksa 74 Tenaga Kerja Asing

Dikatannya, akhir-akhir ia melakukan kunjungan ke banyak tempat bisnis F&B di Surabaya. Dengan tajuk Yooky Talkie Goes to Cafe, Yooky bertemu banyak pengusaha dan anak muda, untuk berdiskusi sekaligus membagikan tips agar bisnis dapat  bertahan dan berkembang. 

Caleg DPR RI dari PAN ini mengatakan, berdasarkan pengalamannya puluhan tahun berbisnis di bidang kuliner, memulai bisnis F&B ini sebetunya memulai bisnis F&B tingkat kesulitannya dibawah 50 persen. Namun untuk mempertahankan bisnis itulah yang susah. Oleh karenanya, butuh perencanaan bisnis dan managemen yang matang agar suatu asaha tidak merugi bahkan gulung tikar. 

Halaman Selanjutnya
img_title