Ini Alasan PBNU Copot Kiai Marzuki Mustamar dari Ketua PWNU Jatim

Sekjend PBNU di acara Jatim Bershalawat 2
Sumber :
  • Mokhamad Dofir / Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Syaifullah Yusuf mengungkapkan alasan pencopotan KH Marzuki Mustamar dari jabatannya sebagai Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU Jatim).

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

Tokoh NU yang biasa disapa Gus Ipul ini mengatakan, KH Marzuki Mustamar dicopot lantaran dianggap melanggar aturan organisasi. Salah satu diantaranya kurang bertanggung jawab sebagai pimpinan wilayah terhadap persoalan yang terjadi di tingkat cabang Jombang.

"Banyak beberapa [pelanggaran], diantaranya adalah masalah-masalah yang tidak terkendali, misalnya di Cabang Jombang. Di Cabang Jombang itu kan sampai ke pengadilan segala macam karena wilayah [PWNU] tidak berfungsi sebagaimana mestinya," ujar Gus Ipul di Surabaya, Kamis 28 Desember 2023.

Minta Nasihat, Ketua TKD KIM Gresik Silaturahmi ke Ketua PCNU

Dilansir dari Viva Malang, polemik internal NU berujung ke meja hijau yang disebut Gus Ipul bermula dari penunjukkan pengurus PCNU Jombang periode 2023-2024 oleh PBNU yang dinilai tidak sah.

Aliansi Penegak Qonun Asasi Nahdlatul Ulama (APQANU). meminta PBNU mencabut surat keputusan kepengurusan definitif PCNU Jombang masa khidmad 2023-2024, serta mengesahkan dan melantik pengurus PCNU hasil konfercab NU (Konferensi Cabang Nahdlatul Ulama) pada 5 Juni 2022.

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

Dalam materi gugatannya, APQANU Jombang juga menggugat PBNU kerugian material sebesar Rp1,5 miliar atau Rp1.540.001.926, uang itu akan digunakan untuk kemaslahatan NU.

Berangkat dari persoalan itu, PBNU dikatakan Gus Ipul berpandangan jika KH Marzuki Mustamar tidak menjalankan fungsi sebagaimana sebagai pimpinan tertinggi NU di Jawa Timur.

Halaman Selanjutnya
img_title