PBNU Sebut Pencopotan Kiai Marzuki Ihwal Penegakan Disiplin, Melanggar Apa?

Sekretaris Jenderal PBNU Gus Ipul saat menghadiri acara Jatim Bershalawat 2 di Surabaya.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Pencopotan KH Marzuki Mustamar dari Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur ihwal penegakan disiplin yang kini tengah dilakukan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Tidak sebagaimana informasi yang tersiar bahwa ada kaitannya dengan politik praktis. 

Minta Nasihat, Ketua TKD KIM Gresik Silaturahmi ke Ketua PCNU

Sekretaris Jenderal PBNU, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menyebut bahwa ada sejumlah pelanggaran yang dilakukan Kiai Marzuki. Namun pihaknya enggan menyebut lebih rinci perihal jenis pelanggaran yang dilakukan. Hanya saja ia menyebut satu persoalan yang berkaitan dengan PCNU Jombang beberapa waktu lalu. 

"Di antaranya ada masalah-masalah yang tidak terkendali, misalnya [kasus di PCNU) cabang Jombang, kan, sampai ke pengadilan segala macam. Karena wilayah tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga berlarut-larut dan bermasalah," kata Gus Ipul di sela acara shalawatan di JX Internasional Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis, 28 Desember 2023, malam.

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

Permasalahan di PCNU di Jombang yang dimaksud Gus Ipul terkait pelaksanaan Konfercab di sana beberapa bulan lalu. Hasil konfercab menyebabkan seteru antara PCNU Jombang dengan keputusan PBNU, hingga masuk ke pengadilan. Perselisihan itu berujung pada pemecatan KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam dari jabatan Wakil Ketua PWNU Jatim.

Gus Ipul mengatakan, setelah diteliti, PBNU menilai ada tanggung jawab yang tidak dijalankan oleh Kiai Marzuki selaku Ketua PWNU Jatim terkait masalah tersebut. "Kita melihat ada paling tidak tanggung jawab yang kurang dari wilayah, dalam hal ini oleh ketua wilayah," ujar mantan Wagub Jatim dua periode itu.

Mbah Benu Imam Masjid Aolia Gunung Kidul Mengaku Telepon Allah, PBNU: Tukang Sihir!

Gus Ipul juga menegaskan bahwa pemecatan Kiai Marzuki tak terkait dengan politik praktis. Itu juga masalah internal organisasi dan soal penggantian pengurus adalah hal biasa. Karena itu ia meminta semua pihak tidak membesar-besarkan. "Mungkin di tempat manapun Kiai Marzuki itu bisa untuk mengabdi di lingkungan NU," ujarnya.

Kabar pencopotan Kiai Marzuki Mustamar dari jabatan Ketua PWNU Jatim pertama kali dibocorkan oleh mantan Wakil Ketua PWNU Jatim, Gus Salam. Ia bilang Ketum PBNU Gus Yahya memberitahukan soal itu saat pertemuan antara PBNU dengan PWNU dan PCNU se Jatim di Shangri-La Hotel Surabaya, Rabu, 27 Desember 2023 malam.

Halaman Selanjutnya
img_title