Polda Jatim Catat 31.973 Kecelakaan Terjadi Sepanjang 2023, Tertinggi di Sidoarjo

Dir Lantas Polda Jatim Kombes Pol Komarudin
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur (Ditlantas Polda Jatim) mencatat sebanyak 31.973 kecelakaan lalu lintas terjadi sepanjang tahun 2023 di wilayahnya. Insiden kecelakaan tertinggi terjadi di Kabupaten Sidoarjo dan Tulungagung.

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Hal ini disampaikan Direktur Ditlantas Polda Jatim Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Komarudin di sela kegiatan Analisa dan Evaluasi tahunan yang digelar bersama awak media di Gedung Satuan Patroli Jalan Raya (Sat PJR), Rabu 3 Januari 2024.

"Selama kurun waktu satu tahun, Januari sampai Desember 2023. Di Jawa Timur tercatat sebanyak 31.973 kasus kecelakaan. Yang cukup memprihatinkan sebanyak 5.239 tewas ataupun korban meninggal dunia, 364 luka berat dan 42.972 luka ringan," rinci Kombes Pol Komarudin.

Polda Jatim Periksa 21 Saksi Kasus TPPU yang Seret Ahli Nuklir UGM

Ia menyebut, secara kuantitas telah terjadi peningkatan angka kecelakaan lalu lintas bila dibandingkan tahun 2022 lalu. Namun dari segi fatalitas, Komarudin menyebut angkanya justru menurun dengan selisih 122 korban meninggal dunia.

Ribuan korban meninggal dunia maupun luka-luka itu dikatakannya, 23 persen akibat human error karena ketidakpatuhan para pengguna jalan terhadap rambu-rambu lalu lintas. Salah satunya karena pengemudi kendaraan yang ugal-ugalan saat berkendara. Selebihnya kecelakaan dipengaruhi faktor kelaikan kendaraan.

Polda Jatim Ungkap Kasus Penipuan Senilai Rp11,2 M Berkedok Kerjasama Bisnis

"Ini sudah cukup banyak [korban], tentu dengan kebersamaan kita berupaya [melakukan] penataan, edukasi, empati untuk kita sama-sama tanggap kecelakaan di jalan raya," lanjutnya.

Masih dalam catatannya, Kombes Pol Komarudin mengatakan berdasarkan pola waktu, kecelakaan lalu lintas kebanyakan terjadi pada siang hari. Yakni dalam rentang pukul 06.00 WIB hingga 12.00 WIB, siang.

Halaman Selanjutnya
img_title