Gegara Hal Ini Prancis Berbalik Dukung Palestina, Kutuk Keras Tindakan Israel

Presiden Prancis, Emmanuel Macron
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Konflik berkepanjangan Israel dan Palestina hingga kini terus menyulut ragam reaksi dari berbagai negara. Salah satunya Prancis yang berbalik mendukung perjuangan Palestina. Prancis juga mengutuk keras pernyataan pejabat Israel yang mendorong pengungsian penduduk Palestina di Gaza

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

Prancis menegaskan bahwa pihaknya mengutuk pernyataan Menteri Keuangan Israel Bazalel Smotrich dan Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gvir. Menurutnya, Israel tidak mempunyai hak untuk menentukan nasib orang-orang di Gaza.

"Prancis mengutuk pernyataan Menteri Keuangan Israel Bazalel Smotrich dan Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gvir, yang menyerukan imigrasi penduduk Gaza serta pembentukan kembali koloni (Yahudi) dan pendudukan tanah (Gaza)," kata Kementerian Luar Negeri Prancis mengatakan dalam sebuah pernyataan, dilansir dari VIVA, Selasa, 9 Januari 2024.

China dan Indonesia Komitmen Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna juga menegaskan bahwa Jalur Gaza adalah milik Palestina dan masa depannya tidak bergantung pada Israel.

"Bukan hak Israel untuk menentukan masa depan Gaza, yang merupakan tanah warga Palestina; kita perlu kembali ke prinsip hukum internasional dan menghormatinya," ungkap Colonna.

Konflik Iran-Israel Bisa Picu Ekonomi RI Berantakan, Presiden Terpilih Diminta Lakukan Antisipasi

Mendesak Israel untuk menahan diri dari pernyataan provokatif tersebut, dengan mengatakan bahwa hal tersebut hanya akan memicu ketegangan, kementerian tersebut mengatakan bahwa perpindahan penduduk secara paksa akan merupakan pelanggaran serius terhadap hukum internasional menurut Konvensi Jenewa dan Statuta Roma.

"Pemerintah Israel tidak berhak memutuskan di mana warga Palestina harus tinggal,” katanya. “Masa depan Jalur Gaza dan penduduknya akan terletak pada negara Palestina yang bersatu dan hidup damai dan aman bersama Israel.”

Halaman Selanjutnya
img_title