Kalahkan Malaysia 1-0, Indonesia Tantang Thailand di Final Piala AFF U-19

Pemain Indonesia (Merah) Muhammad Kafiatur
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara

Surabaya, VIVA Jatim-Timnas U-19 melaju ke babak final Piala AFF U-19 setelah mengalahkan Malaysia 1-0 pada babak semifinal, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu 27 Juli 2024. Gol kemenangan Indonesia dicetak Muhammad Alfharezzi Buffon pada menit ke-78. Di partai final, Indonesia akan menantang Thailand yang menang atas Australia 1-0.

Begadang Nonton Timnas Vs Arab Saudi, Jokowi Ngantuk

Pada lima belas menit pertama, anak didik Indra Sjafri sudah agresif menyerang pertahanan Malaysia. Tercatat ada lima hingga enam peluang dari Jans Raven, Muhammad Kafiatur, Figo Dennis namun sayang belum menjadi gol.

Perlawanan sengit Malaysia membuat Indonesia kesulitan dalam mencetak gol. Bahkan Malaysia nyaris bisa merobek jala gawang Ikram Algiffari.

Ernando Terancam, Maarten Paes Ingin Berikan Kesuksesan untuk Timnas

Tidak berhenti sampai di situ, intensitas permainan Indonesia tidak menurun, namun semakin naik. Tendangan keras kapten tim Dony Tri Pamungkas masih melebar tipis ke sisi gawang Malaysia pada menit ke-25. Pun dengan sundulan Iqbal Gwijangge sempat mengancam gawang Malaysia pada menit ke-35. Namun hingga babak pertama berakhir, skor masih tetap tanpa gol.

Di babak kedua, Malaysia tidak ingin mendapatkan tekanan bertubi-tubi. Mereka bermain lebih menyerang. Serangan balik yang di bangun Muhammad bin Abu Khalil dan Muhammad Zachary pada menit ke-60 nyaris bisa mengubah skor, tapi bisa di amankan kiper Indonesia Ikram Algiffari.

Persik Kediri Fokus Latihan Menyerang Selama FIFA Matchday

Tidak ingin lini pertahanan menjadi incaran Malaysia, Indra Sjafri mengubah taktik dengan memasukkan dua pemain sayap. Hasilnya menit ke-78 Muhammad Alfharezzi Buffon sukses mencetak gol untuk membawa Indonesia unggul 1-0.

Gol tersebut bermula dari kemelut yang terjadi di kota penalti Malaysia. Bola tendangan Welber Jardim berhasil di blok pemain belakang namun bola liar jatuh di depan Muhammad Alfharezzi Buffon yang dengan sigap menendang bola ke gawang Malaysia.

Halaman Selanjutnya
img_title