Juventus Kena Hukum Pengurangan 15 Poin Akibat Palsukan Laporan Keuangan

Pemain Juventus
Sumber :
  • IST/Viva Jatim

Jatim – Pengadilan Banding Federasi Sepakbola Italia (FIGC) memutuskan menghukum Juventus terkait pemalsuan laporan keuangan. Klub Si Nyonya Tua ini pun dihukum dengan pengurangan 15 poin. Sabtu dini hari, 21 Januari 2023. 

Juventus Menang Dramatis, Pelatih Allegri Cetak Rekor di Liga Italia

Pemalsuan laporan keuangan itu diketahui saat Jaksa FIGC, Giuseppe Chine mengajukan banding untuk membuka kembali proses penyelidikan terhadap Juventus. Hingga ditemukan beberapa kejanggalan dan mereka pun dinyatakan bersalah. 

Dikutip dari laman VIVA Bola, akibat pengurangan 15 poin ini, Juventus harus turun ke urutan 10 klasemen sementara Serie A. Mereka pun kini hanya memiliki 22 poin. 

Alexis Sanches kembali Berseragam Inter Milan, Teken Kontrak hingga Juni 2024

Juventus diketahui melakukan pembayaran pemain secara rahasia, dan itu terjadi semasa awal pandemic Covid-19. Dengan cara seperti itu, laporan keuangan klub jadi dipalsukan. 

Meski demikian, FIGC masih membuka peluang kepada Si Nyonya Tua untuk membela diri. Itu jalan terakhir mereka bisa membatalkan hukuman pengurangan poin. Sebab tanda-tanda Juventus bersalah dalam kasus ini sudah tercium sejak lama. Salah satunya sejumlah petinggi klub memilih mengundurkan diri. 

Jual Beli Serangan Berlangsung, AC Milan Harus Puas Ditahan Imbang Juventus

Skandal yang terkuak ini membuat skuad asuhan Massimiliano Allegri kembali ke situasi sulit. Padahal mereka sudah mulai mmbaik penampilannya. 

Ditambah lagi, dengan pengurangan 15 poin itu, Juventus semakin sulit untuk bersaing memperebutkan gelar juara Serie A. Jangankan itu, meraih empat besar saja sangat kecil kemungkinan. 

Halaman Selanjutnya
img_title