Mahasiswi Ubaya Ini Raih Juara I Kompetisi PT SPIL Berkat Daur Ulang Kain

Adeline dan tim saat mengolah kain bekas menjadi produk pakai.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir / Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Mahasiswi Universitas Surabaya (Ubaya) Fakultas Industri Kreatif, Marselina Adeline, meraih juara pertama dalam kompetisi yang diselenggarakan PT Salam Pacific Indonesia Lines (PT SPIL) dengan tema 'Products for a Better Earth'.

Berprestasi, 25 Anggota Polres Gresik Diganjar Penghargaan

Adeline, panggilan Marselina Adeline, mengatakan, kompetisi ini memperkenalkan tantangan baru bagi dia dan segenap tim, khususnya dalam menghadapi kompleksitas mengolah komposisi kain daur ulang yang lebih menantang dibandingkan dengan kain konvensional.

Meskipun beberapa kendala muncul selama proses produksi, hal ini justru membuat Adeline dan tim tidak hanya diuji secara kreatif, melainkan juga memberikan wawasan yang mendalam tentang kebutuhan pasar.

Dukung Kemajuan Bulutangkis, BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Cup Indonesia

"Bersaing dengan beberapa kelompok dan menciptakan produk dari kain daur ulang menjadi tas dan sepatu dengan nilai lebih, membuat kami merasa memiliki peran penting dalam menjaga kelestarian bumi, tempat tinggal kita. Hal ini memberikan rasa kebermanfaatan kami terhadap lingkungan" ujar Adeline, Jumat 19 Januari 2024.

Di sisi lain, Andri Theja, Head of ESG PT SPIL, mengungkapkan kekagumannya terhadap inovasi yang ditunjukkan oleh peserta. Sebab, hasil kreativitas yang ditunjukkan pada kompetisi ini benar-benar menginspirasi pihaknya.

PT Salam Pacific Indonesia Lines Dukung Pemerintah Berantas Peredaran Kayu Ilegal

"Transformasi seragam bekas menjadi produk bernilai bukan hanya mengurangi jejak ekologis tetapi juga mendorong keberlanjutan," imbuhnya.

Kompetisi yang berlangsung selama dua bulan dengan penilaian mencakup sketsa, presentasi dan produk akhir ini diumumkan pada 18 januari lalu, melibatkan mahasiswa maupun mahasiswi Fakultas Industri Kreatif Ubaya.

Halaman Selanjutnya
img_title