Anak Minum Susu Sepanjang Hari dan Enggan Makan, Begini Menurut Dokter!

Ilustrasi Anak/Susu
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Tak mudah membujuk anak agar makan. Butuh ketelatenan bagi orang tua dalam merayu anaknya makan apalagi secara teratur. Tak sedikit anak-anak hanya mau minum susu sepanjang hari dan menolak untuk makan. Apakah anak minum susu sepanjang hari dibenarkan menurut ilmu kesehatan?

Simak 5 Manfaat Mengonsumsi Kurma Saat Berbuka Puasa, Kaya Nutrisi!

Seorang dokter spesialis Ilmu Kesehatan Anak, dr. Radhian Amandito, Sp. A., menjelaskan, secara umum, tidak diperbolehkan jika anak hanya mengonsumsi susu saja, karena anak tetap membutuhkan nutrisi yang beragam. 

Karena kembali lagi, kita pasti ada komposisi-komposisi, di mana protein 10-15 persen, lemak 40 persen, kemudian karbohidrat sisanya," ujar dokter Radhian saat Media Gathering Peringati Hari Gizi Nasional bersama Greenfields, di kawasan Jakarta Selatan, baru-baru ini. "Kalo kita hanya menyajikan susu itu kan yang paling banyak proteinnya, mungkin kalorinya gak akan tercapai," sambung dia. 

7 Jenis Buah Kandungan Airnya Tinggi ini Cocok Dikonsumsi saat Berbuka Puasa

 Lebih lanjut dokter Radhian mengatakan, akan berbeda jika buah hati sedang sakit sehingga tidak nafsu makan, maka konsumsi susu saja masih diperbolehkan.

"Kalo anak-anak lagi batuk pilek gak nafsu makan, itu boleh. Karena pada akhirnya kita tetap memberikan gizi. Susu kan ada laktosanya juga, itu juga sumber agar dia gak hipoglikemi biar gak terlalu lemas, tapi juga ada banyak sumber makro dan mikronutrien lain," jelasnya. 

Hindari 5 Jenis Makanan Ini saat Sahur, Bisa Sebabkan Tubuh Dehidrasi

"Jadi subtitusinya kalau misal anak gak mau makan, air pasti dikit donk sumber kalorinya, susu masih mending. Biasanya kalo batuk pilek, ngunyah gak mau, nelen susah, tenggorokan sakit, susu gapapa," tambahnya. 

Menurut Radhian, manusia jika tidak minum dalam satu hari bisa dehidrasi. Namun, berbeda dengan konsumsi makanan.

Halaman Selanjutnya
img_title