Menengok Tradisi Lebaran di Kampung Arab Ampel Surabaya

Suasana di Kampung Arab, Ampel, Surabaya
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Indonesia sebagai negara yang memiliki ragam budaya dan tradisi, di dalamnya terdapat banyak hal unik yang menjadi kebiasaan di tengah-tengah masyarakatnya. Tentu kebiasaan itu adalah kebiasaan positif, salah satunya dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri

Mudik Gratis Sukses, DPRD Jatim Minta Tambahan Armada untuk Berikutnya

Di kawasan Kampung Arab, Ampel, Surabaya ada tradisi unik saat lebaran Idul Fitri. Untuk melihat keseruannya, berikut ulasan Viva Jatim, dikutip dari VIVA, Sabtu, 13 April 2024.

Beragam tradisi unik dilakukan masyarakat di Tanah Air menyambut dan dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri ataupun Lebaran, tak terkecuali juga di kawasan Kampung Ampel saat musim mudik Lebaran.

Minim Pendonor, Stok Darah di PMI Tuban Menipis

Ampel adalah kampung halaman terbesar Diaspora keturunan Arab khususnya warga Indonesia keturunan Hadramaut Yaman, dimana hampir semua marga keturunan Arab Hadroumut saat ini merupakan generasi ke tiga dan saat ini merupakan kelahiran ampel.

Hamid Nabhan, budayawan sekaligus tokoh masyarakat keturunan Arab ampel menuturkan jika budaya kampung ampel adalah manifestasi dari Bhinneka Tunggal Ika.

Satlantas Polres Lamongan Klaim Angka Kecelakaan Minim di Jalur Mudik Lebaran

“Saat Lebaran di sini akan ada unjung unjung atau saling berkunjung antar warga semua berbaur; Jawa, Madura, Arab bahkan Banjar semua berkumpul berbagi cerita di tanah rantau,“ ujar Hamid.

Saat momen Lebaran telah tiba biasanya warga keturunan Hadramaut di Ampel Surabaya akan mudik dan pulang membawa cerita dari tanah rantau.

Halaman Selanjutnya
img_title