Gempa Cianjur, Warga dan Sejumlah Intansi Ramai-ramai Galang Donasi

Pemprov Jatim kirim bantuan untuk korban gempa Cianjur
Sumber :
  • Nur Faisal/Viva Jatim

Jatim – Musibah gempa yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin 21 November 2022 memicu perhatian banyak pihak. Setiap waktu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus melaporkan jumlah korban, baik yang berstatus meninggal dunia, luka-luka maupun yang masih hilang dan sedang dalam tahap pencarian.

Rakor Bersama BNPB, Pj Gubernur Adhy Pastikan Pemprov Jatim Bantu Rekonstruksi Bangunan Pasca Gempa

Indonesia sebagai negara yang secara letak geografis rawan terjadi bencana, hampir di setiap tahunnya terjadi peristiwa yang menelan banyak korban, mulai dari longsor, letusan gunung berapi, gempa bumi dan sejumlah peristiwa alam lainnya.

Namun di sisi lain solidaritas atau kebersamaan sesama saudara masih terjalin kuat dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Hal itu terbukti bilamana terjadi bencana di salah satu daerah, semua pihak berempati dan melibatkan diri dalam menghadapi kesulitan tersebut. Seolah tidak ada pembeda antara musibah yang dialami sendiri dengan yang dialami saudaranya di daerah yang lain.

Hadapi Cuaca Ekstrem, Pj Gubernur Adhy Pastikan Pemprov dalam Kesiapsiagaan Penuh

Fakta ini tak dapat dipungkiri telah menghiasi kebersamaan dalam setiap perbedaan, sebagaimana falsafah kehidupan yang menjadi fondasi negara Indonesia, yakni Bhinneka Tunggal Ika.

Seperti yang dilakukan Lesti Kejora, penyanyi dangdut kondang yang sebelumnya sempat mengalami masalah KDRT ini rupanya turut ambil peran dalam mengurangi penderitaan korban akibat gempa.

Resmi Pimpin PWNU Jatim, Tugas Pokok Gus Kikin Menyatukan Kembali Warga NU

Dilasir dari viva.co.id, istri dari Rizky Billar ini mengaku rumah salah satu keluargnya ikut ambruk akibat diguncang gempa yang kekuatannya mencapai 5,6 magnetudo itu. Namun beruntung tidak ada korban jiwa yang menimpa keluarga Lesti.

"Ya saudaranya emak, aki. Rumahnya juga sama ambruk. Sedih banget ya pasti, sedih banget," kata Lesti mengutip potongan video yang diunggah akun gosip @insta_julid.

Halaman Selanjutnya
img_title