Menguak 7 Fakta Ilmiah tentang Air Zamzam, Miliki Manfaat Luar Biasa

Kran air zamzam untuk jemaah haji di Masjidil Haram
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Salah satu peninggalan sejarah yang ikonik di Makkah Arab Saudi adalah air zamzam. Mata air yang menjadi saksi bisu perjalanan hidup Nabi Ismail dan ibunya Siti Hajar, diyakini memiliki ragam manfaat yang luar biasa. Bahkan hal demikian sudah terbukti secara ilmiah.

Risma Bicara soal Potensi Madura; Cukup Besar jika Dikelola dengan Baik

Banyak penelitian yang dilakukan oleh universitas di Mesir dan Arab Saudi telah mengungkapkan berbagai manfaat luar biasa dari air Zamzam. Dilansir dari VIVA, berikut ini beberapa fakta ilmiah tentang air Zamzam yang dinyatakan ajaib.

1. Bebas Patogen

Kronologi Pelajar Kediri Hanyut di Pantai Dlodo Tulungagung

Air Zamzam terbukti bebas dari partikel atau mikroorganisme yang dapat mengkontaminasi, seperti bakteri, virus, atau jamur. Dalam sebuah percobaan, berbagai sampel air zamzam diambil, disentrifugasi, dan ditempatkan di medium agar. Hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada koloni bakteri yang tumbuh, menandakan air ini benar-benar bersih dari kontaminan.

2. Menurunkan Asam Urat

Trenggalek Uji Coba Program Makan Siang Bergizi

Fakta selanjutnya, air zamzam memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah. Sifat alkali dari air ini diyakini menjadi faktor utama. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Heidelberg menunjukkan bahwa minum air Zamzam dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah secara signifikan (p<0.05). Hal ini menjadikannya potensial sebagai agen terapeutik untuk gout.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Halaman Selanjutnya
img_title