Warga Mojokerto Meraup Untung Jutaan Rupiah dari Meracik Gitar Elektri

Gitar Elektrik produksi bengkel gitar Frandi
Sumber :
  • Viva Jatim/M Lutfi Hermansyah

Jatim – Di bengkel produksi yang sederhana, Frandi dan tiga pegawainya sibuk meracik gitar elektrik kustom pesan pelangganya. Siapa sangka, bengkel tidak begitu besar yang terletak di Dusun/Desa Pungging, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto itu dapat menghasilkan puluhan gitar setiap bulannya. 

Angkat Kreativitas Anak, Hima PGSD Unusa Gelar Nusa Creative Competion Vol 2 

Sekilas, tempat itu tidak berbeda dengan tempat usaha mebel pada umumnya. Tumpukan dan debu serbuk kayu di mana-mana. Beberapa bahan kayu setengah jadi dengan pola desain gitar terlihat di beberapa sudut ruangan. Bengkel gitar elektrik ini telah didirikan Frandi sejak tahun 2014 silam. 

Awalnya, selain hobi bermain gitar, pria alumnus kampus Universitas Negeri Surabaya itu bergelut dalam jual beli gitar. Bahkan, ia kerap kali menerima jasa service berkat keuletannya mengotak-atik alat musik itu. 

Iran Tak Segan bakal Cecar Israel bila Berani Membalas Serangan

Pada suatu ketika, ada teman mempercayakan dirinya mengkustom gitar. Tanpa berfikir panjang, Frandi menyepakati dan mencoba peruntungannya. Padahal, dirinya tidak memiliki keahlian dibidang pengolahan kayu. 

Karena merasa tertantang, Frandi mulai belajar mengamplas, mengemal atau membentuk pola kayu, hingga mengecat. Semua ia pelajari dengan otodidak. Tak jarang rakitannya gagal. 

Menakar Kekuatan Timnas Indonesia Vs Australia Jelang Duel di Piala Asia

"Saya mulai (belajar membuat gitar) semuanya dari nol.  Gagal juga sering," katanya saat berbincang dengan Viva Jatim.co.id, Jum'at, 16 Desember 2022. 

Namun ia tak pernah menyerah, berbagai cara dan inovasi ia ciptakan sendiri. Akhirnya ia berhasil meracik gitar elektrik kustom. Tak pernah terbayangkan, gitar elektrik hasil tangan terampilnya itu banyak peminat dengan jangka waktu singkat. 

Halaman Selanjutnya
img_title