Lelucon Percakapan Gus Dur saat di Australia bersama Orang Madura

gusdur dan masyarakat Tionghoa
gusdur dan masyarakat Tionghoa
Sumber :
  • NU Online

JatimPresiden RI yang paling lucu, tak lain adalah KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Ia mempunyai segudang kisah humor yang selalu dikenang oleh para pecintanya. Inilah yang membuat eksistensi Gus Dur, meski telah meninggal dunia, terus dikenang banyak orang.

Testimoni tentang lelucon dan humornya seakan membekas di benak masyarakat Indonesia. Bahkan, tidak hanya lelucon, Gus Dur juga kerap kontroversial dengan pemikiran pemikirannya yang melampaui masyarakat. 

Suatu ketika Gus Dur berkisah tentang orang Madura yang ada di Australia. Ketika itu Gus Dur berkunjung ke Australia, dia bertemu sekumpulan orang Madura. Seperti diketahui, orang-orang Madura ada di mana-mana, tidak cuma di dalam negeri. Di luar negeri juga banyak orang Madura.

Setelah beberapa saat berbincang-bincang dengan mereka, akhirnya Gus Dur mengerti bahwa sebagian orang Madura yang ada di sana sudah belasan tahun tinggal di sana.

Gus Dur yakin pasti orang-orang Madura itu sudah fasih berbahasa Inggris. Lalu Gus Dur pun bertanya kapan di antara mereka ada yang akan kembali ke tanah airnya, Indonesia.

Gus Dur: "When will you come back to Indonesia?"

Orang Madura: "Yes, muntak sande, yes mande, Gus."