Mengenal Lebih Jauh Hari Valentine, dari Sejarah Kelam hingga Romantis

Ilustrasi Hari Valentine
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Hari ini, Selasa, 14 Februari 2023 diperingati sebagai Hari Valentine atau dengan kata lain hari kasih sayang di dunia. Banyak orang memanfaatkan momentum tersebut untuk mengutarakan perasaan atau hal apa saja yang berkaitan dengan wujud kasih sayang seseorang kepada pasangannya. 

Viral Kisah Pria di Sumatera Utara, Pindah Agama gegara Keinginan Terkabul

Ungkapan kasih sayang di Hari Valentine seringkali diwujudkan dalam berbagai hal. Mulai dari dinner romantis hingga memberikan hadiah berupa bunga, cokelat hingga barang-barang mewah lainnya. Ya, Hari Valentine identik dengan bunga, cokelat dan sejumlah barang lainnya yang merepresentasikan kasih sayang. 

Kendati demikian, tak banyak yang tahu sejarah yang terjadi mengapa Hari Valentine diperingati setiap tahunnya. Untuk mengenal lebih jauh sejarah Hari Valentine, berikut ini penjelasannya dilansir dari laman Viva Lifestyle pada Selasa, 14 Februari 2023. 

Prabowo-Gibran Nomor Urut 2, Simbol Perdamaian dan Kasih Sayang

Hari valentine berasal dari seorang pendeta dari Roma bernama Valentine atau Valentinus. Salah satu legenda berpendapat bahwa Valentine adalah seorang pendeta yang melayani gereja selama abad ketiga di Roma. 

Ketika Kaisar Claudius II memutuskan untuk melarang pria muda untuk menikah, hal ini karena dia melihat bahwa prajurit pria lajang lebih baik daripada prajurit yang telah beristri dan keluarga. Sebab, menurut sang Kaisar bala tentaranya enggan pergi ke medan perang karena terikat pada istri atau kekasih mereka.

Cerita Bule Cantik Jadi Mualaf, dari Kristen ke Atheis hingga Masuk Islam

Untuk mengatasinya Claudius II melarang semua bentuk pernikahan serta pertunangan yang ada pada Roma. Melihat ketidakadilan keputusan tersebut, Valentine menolak, dengan cara terus menikahkan para pasangan muda secara diam-diam. Namun sayangnya, tindakan Valentine itu diketahui oleh Claudius. Akibatnya, Claudius memerintahkan prajuritnya untuk membunuh Valentine.

Selain itu ada, juga versi yang menyebut perayaan Valentine berawal dari Santo Valentine dari Terni, yang merupakan seorang uskup, yang dipenggal oleh Claudius II di luar Roma.

Halaman Selanjutnya
img_title