Tahukah Kamu Istilah dan Asal Usul Kata Ngabuburit?

Ilustrasi Ngabuburit dan Bazar Takjil Ramadhan
Sumber :
  • Viva.com

Jatim –Bulan Ramadhan memang salah satu yang dipenuhi dengan keindahan dan kebersamaan. Momentum bulan Ramadhan memang sangat melekat dengan kegiatan yang positif dan serba padat. Akan tetapi, tahukah kamu tentang asal-usul kegiatan ngabuburit yang biasa di diistilahkan sebagai kegiatan menunggu waktu berbuka Puasa Ramadhan.

Sasar Spot Menggambar Sekitar Stadion, Cara Komunitas Graffiti Trenggalek Isi Ngabuburit Ramadan

Sebagaimana diketahui, mayoritas masyarakat Indonesia bukan hanya dari kalangan umat Muslim mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata ngabuburit yang kerap didengar tiap memasuki bulan Ramadhan. Ngabuburit sendiri bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan, mulai dari membaca Alquran, berburu takjil, berbagi takjil, jalan-jalan sore dan lain-lain hingga waktu berbuka puasa tiba.

Dikutip dari Sahijab.com dikatakan bahwa Kata ngabuburit diyakini merupakan kata serapan yang diambil dari Bahasa Sunda yakni “Burit” yang bermakna petang atau waktu senja. Mengutip Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS) Jumat, 24 Maret 2023, kata ngabuburit diambil dari kalimat “ngalantung ngadagoan burit” yang artinya bersantai sambil menunggu waktu sore.

Awas Kehabisan, Berikut 5 Tempat Berburu Takjil di Malang

Dulu istilah ngabuburit hanya digunakan oleh masyarakat Sunda, namun sekarang istilah tersebut sudah merambah ke berbagai daerah di Indonesia. Seiring berkembangnya Bahasa tersebut, kini pelafalan ngabuburit telah identik dengan istilah bulan Ramadhan yang bermakna sebagai kegiatan mengisi waktu menunggu buka puasa.

Selain itu, istilah ngabuburit juga mudah diucapkan oleh penutur non-bahasa Sunda, sehingga banyak diterima oleh masyarakat di luar suku Sunda. Hal ini mendapatkan komentar dari Dosen Sastra Sunda Universitas Padjadjaran (Unpad) Gugun Gunardi menjelaskan istilah ngabuburit sudah ada sebelum tahun 1960-an. Biasanya, kata dia, anak-anak pada masa itu mengisi ngabuburit dengan membaca Alquran. Menurutnya, kegiatan ngabuburit diharapkan menjelang Idul fitri, anak-anak sudah tamat (khatam) membaca Alquran. 

Bagaimana Hukum Ngabuburit Bareng Pacar? Simak Penjelasannya

Lebih lanjut ia mengatakan, sejak usianya masih anak-anak saat itu anak seusianya mengisi waktu ngabuburit dengan memainkan permainan tradisional.  Istilah ngabuburit yang mulanya berasal dari bahasa Sunda kini telah dikenal dan dipakai secara umum oleh masyarakat Indonesia sebagai gambaran aktivitas menunggu waktu berbuka puasa. Menurutnya kata ngabuburit yang kini semakin dikenal luas di tengah masyarakat Indonesia non-Sunda tidak terlepas dari peran media massa.

Artikel ini telah dipublikasikan di Sahijab.com Berjudul 

Halaman Selanjutnya
img_title