Menilik Arsitektur Masjid Jamik Sumenep yang Dikagumi Khofifah

Masjid Jamik Panembahan Somala Sumenep, Madura
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Julukan 'Solonya Madura' pantas disematkan kepada salah satu kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Garam. Bukan Sumenep namanya, bila tidak identik dengan nuansa budaya dan kental akan peninggalan sejarahnya.

Terungkap! Wanita Asal Tuban yang Ngaku Dirampok Ternyata Palsu, Modus Investasi Bodong

Ragam keunikan tradisi dan budayanya terjaga dengan baik. Peninggalan-peninggalan sejarahnya pun juga masih dilestarikan dengan baik. Tak ayal, bila banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, ingin berkunjung ke Sumenep.

Salah satu peninggalan sejarah yang menjadi ikon Kota Keris ini adalah Masjid Jamik Panembahan Somala, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Jamik Sumenep. Satu dari 10 masjid tertua di Nusantara dengan arsitektur perpaduan kebudayaan Tiongkok, Eropa, Jawa dan Madura.

Kesal Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Lamongan Tanam Pisang di Jalan Rusak

Masjid yang terletak di pusat Kota Sumenep ini, tepatnya di Jalan Trunojoyo, Nomor 184, Dalem Anyar, Bangselok, Kecamatan Kita Sumenep, didirikan pada masa pemerintahan Panembahan Somala, Penguasa Negeri Sumenep XXXI. Dirancang oleh seorang arsitek bernama Lauw Piango, yang juga perancang pembangunan kompleks Keraton Sumenep.

Berdasarkan catatan sejarah, pembangunan Masjid Jamik Sumenep ini dimulai sejak tahun 1779 dan selesai pada tahun 1787 Masehi. Bangunan ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Karaton yang difungsikan sebagai tempat ibadah para keluarga dhalem Karaton dan masyarakat umum.

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Masjid yang juga dilengkapi dengan gapura ini merupakan bangunan masjid kedua yang dibangun keluarga keraton. Dimana sebelumnya kompleks masjid berada tepat di belakang keraton yang dikenal dengan nama Masjid Laju. Dibangun oleh Kanjeng R. Tumenggung Ario Anggadipa, Penguasa Sumenep XXI.

Akulturasi Budaya di Arsitektur Bangunan Masjid

Halaman Selanjutnya
img_title