Cerita Pilu Tuminah saat Jadi Tim Medis Tentara Hizbullah di Medan Tempur

Tuminah (98) bekas Tentara Hisbullah asal Jombang
Sumber :
  • Istimewa

Jombang, VIVA Jatim – Indonesia mampu mencapai kemerdekaan tidaklah mudah. Perjuangan dan pengorbanan dikerahkan demi menyelamatkan Bumi Pertiwi. Seperti yang dilakukan perempuan sepuh asal Kabupaten Jombang, Tuminah (98).

Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto

Veteran bekas Tentara Hizbullah ini menjadi satu di antara perempuan-perempuan tangguh yang memiliki peran viral di medan tempur. Ya, dia menjadi tim medis yang selalu siap siaga mendampingi para pasukan selama bertempur.

Dilansir dari VIVA, Kamis, 17 Agustus 2023, Nenek Tuminah punya rekam jejak sebagai pejuang kemerdekaan 1945. Dia pernah tergabung dalam batalyon tentara Hisbullah saat melawan penjajah.

Sebanyak 169 Anggota Perguruan Silat Diamankan Polisi di Jombang, Ada Apa?

Namun, di usianya yang sudah renta, Tuminah kini tinggal seorang diri di Desa Carangrejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang.

Tuminah punya cerita yang jadi bukti perlawanan tentara Indonesia melawan tentara penjajah Belanda. Ikhtiar perjuangan saat itu dilakukan tentara Hizbullah di wilayah karisidenan Mojokerto, mulai dari wilayah Krian, Mojokerto hingga ke Jombang.

Tanah Bergerak Sebabkan Puluhan Rumah Warga di Jombang Rusak

Dia menceritakan, saat perang kemerdekaan, dirinya masih berusia 20 tahun. Saat itu, ia jadi bagian tentara kemerdekaan Hisbullah.

"Tahun 45 an, saya sudah ikut perang dengan tentara Indonesia di wilayah Karesidenan Mojokerto, Krian sampai ke Jombang. Perangnya sampai ke Gunung-Gunung Wonosalam, sampai ke kandangan kidul (selatan)," kata Tuminah, ditemui kediamannya, Rabu, 16 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title