Dulu Buangan Sampah Kaca, Kini Desa Pandean Tawarkan Arum Jeram-Glamping

Suasana Desa Wisata Pandean Trenggalek
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA Jatim – Anak-anak bermain kejar-kejaran, masyarakat ramah selalu menyapa dibalut dengan senyuman saat berpapasan memakai Bahasa Jawa. Suasana pedesaan masih kentara di desa yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

Adalah Desa Pandean Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Menawarkan banyak eksotisme alam dan petualangan khas pedesaan serta kebudayaan yang masih dijaga oleh penduduk.

"Pada waktu sebelum kami kelol ini sangat memprihatinkan yang berada di sini adalah dipakai untuk membuat membuang pecahan kaca," ungkap Ketua Pokdarwis Arum Dewi Pulosari, Desa Pandean, Ririn Setyo Widihastuti, Kamis, 28 September 2023.

15 Ribu Porsi Makanan Disuguhkan Pemkab Kediri di Nglencer Ning Pendopo

Menurut Ririn, sepanjang sungai ada batu yang memanjang. Di situ ia menjelaskan dulu penuh dengan pecahan kaca bekas rumah tangga. Di sebelah sisi lain, digunakan membuang sampah rumah tangga.

"Limbah rumah tangga, seperti Pampers, baju bekas yang tidak dipakai dibuang ke sungai pakai," ulasnya.

Polri Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Bintara, di Polda Jatim 3 Orang

Termasuk orang dulu, dikatakannya menamakan di daerah sekitar termasuk angker. Orang jarang yang beranjak ke lokasi tersebut. Ririn bersama warga lain merasa prihatin, jika lingkungan dibiarkan seperti ini pasti berdampak pada anak cucu kelak.

"Kami dan teman-teman mencoba untuk mengkonservasi sungai. Kita bersihkan dan lalu kegiatan membersihkan kita jadikan apa?," bebernya.

Halaman Selanjutnya
img_title