Ulas Sejarah Bung Karno, Siswa SMA di Surabaya Menang LPB Tingkat Nasional

Lomba Peneliti Belia (LPB) yang diadakan Center for Young Scientist (CYS).
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Elnathan Hamonangan Parasian Manalu, seorang siswa kelas X SMA Negeri 16 Surabaya, berhasil memenangkan Lomba Peneliti Belia (LPB) yang diadakan oleh Center for Young Scientist (CYS). Pemuda berusia 16 tahun ini meraih kemenangan dalam lomba dengan penelitian mengenai sejarah Bung Karno saat masih muda.

Optimis Tembus Final Piala Asia, STY Sudah Tahu Kunci Keganasan Uzbekistan

Lomba tingkat nasional itu diadakan di Universitas Multimedia Nusantara Jakarta pada Kamis, 30 November 2023 yang diikuti 250 peserta.

Elnathan punya alasan mengapa dirinya mengangkat sejarah Bung Karno saat besar di Surabaya sebagai bahan riset, hingga kemudian diikutkan pada Lomba Peneliti Belia.

Kronologi Kecelakaan Maut Moge Harley Davidson di Probolinggo

Waktu itu hari Sabtu, 6 Mei 2023. Elnathan tak sengaja membaca berita tentang peresmian sebuah rumah peninggalan sejarah di Jalan Pandean IV nomor 40, Kelurahan Peneleh oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Ternyata rumah tersebut merupakan tempat tinggal Presiden Soekarno sewaktu muda, yang berada di Kampung Peneleh, sehingga dijuluki Kampung Bung Karno.

SMKN 1 Sidoarjo Gandeng Kekean Wastra Gelar Pameran di Hongkong

Elnathan pun dibuat penasaran dengan bangunan sejarah tersebut. Ia lalu menyempatkan diri berkunjung ke rumah tersebut tepat pada hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2023 bersama keluarga.

"Namun ketika saya membagikan foto dan caption tentang rumah tersebut, beberapa anggota keluarga yang berusia 40 tahun ke atas terkejut. Sebab selama ini mereka mengetahui kelahiran Bung Karno adalah di Blitar, bukan Surabaya," kata Elnathan, Rabu 6 Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title