Harus Jeli, Ini 4 Tips Memilih Durian Agar Dapat Buah yang Terbaik

Pembeli sedang memilih buah durian di kios buah Desa Slawe Trenggalek.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim –Meski tidak menjadi panen raya, buah durian di musim ini berbuah sepanjang tahun tanpa jeda. Salah satunya di Kabupaten Trenggalek stok buah durian masih sangat melimpah. Penikmat durian juga masih bisa menikmati durian yang banyak dijumpai di Jalan Raya Nasional Prigi-Tulungagung.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

Terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan bagi masyarakat awam yang hendak memilih buah durian agar tidak kecele. Salah satu pengebas—panggilan pekerja yang memanen durian untuk dibawa ke pengepul atau tengkulak— Doni (38), yaitu pertama memilih durian yaitu dengan memperhatikan tangkainya.   

"Enak kalau cara memilih durian sudah matang. Dari pohon kan biasanya di kasih tali, kalau di kasih talinya biasanya lepas dari tangkainya," ujar Doni saat di pengepul buah Desa Slawe Kecamatan Watulimo, Trenggalek.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Buah bernama latin Durio zibethinus yang tumbuh di daerah tropis, sehingga banyak ditemukan di Indonesia ini menurut Doni para pengebas sudah hafal. Jika masih mentah bisa dipastikan tangkai belum lepas dengan buahnya.

"Masih seperti ini, masih ada tangkainya ini," terangnya sambil menunjukkan buah durian.

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

Pria asal Dusun Tugu Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo ini menerangkan tips kedua dalam memilih buah durian adalah bisa merasakan aroma bau. Bau yang pas dan khas akan keluar dengan sendirinya bisa diindera oleh hidung.

Akan tetapi menurut Doni, buah durian hasil panen musim saat ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Bau tidak terlalu berasa, kemungkinan musim kemaru panjang tahun 2023 bisa mempengaruhi bau.

Halaman Selanjutnya
img_title