Tips Persiapan Mudik Lebaran Aman dan Nyaman dengan Kendaraan Pribadi

Ilustrasi mudik bersama keluarga.
Sumber :
  • Allianz

Surabaya, VIVA Jatim –Satu bulan penuh seluruh umat Islam akan menjalankan semua ibadah Ramadan, dan pada saatnya  ini akan memasuki masa puncak yaitu tibanya saat berlebaran, sebuah momen yang sangat dinanti oleh semua umat Islam untuk merayakan kemenangan setelah melalui proses penyucian diri selama 1 bulan.

Mudik Gratis Sukses, DPRD Jatim Minta Tambahan Armada untuk Berikutnya

Selain itu akan ada momen sakral yang paling membahagiakan yaitu kesempatan bersilaturahmi saling bermaafan diantara keluarga baik yang tinggal berdekatan maupun berjauhan sehingga diperlukanlah momen mudik lebaran ke kampung halaman.

Namun, salah satu masalah yang sering dihadapi saat pulang kampung adalah kemacetan lalu lintas yang bisa membuat perjalanan menjadi melelahkan dan memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan. 

Minim Pendonor, Stok Darah di PMI Tuban Menipis

Agar hal ini bisa diminimalisir, simak yuk, lima tips persiapan mudik agar tidak terkena macet dilansir dari berbagai sumber berikut!

1. Rencanakan perjalanan dengan matang

Satlantas Polres Lamongan Klaim Angka Kecelakaan Minim di Jalur Mudik Lebaran

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merencanakan perjalanan dengan matang dan sebaik mungkin. Tentukan dengan teliti rute perjalanan yang akan kamu ambil, dan pastikan untuk memperhitungkan kondisi lalu lintas serta estimasi waktu tempuhnya.

Gunakan aplikasi navigasi atau situs web yang menyediakan informasi lalu lintas secara real-time untuk membantu merencanakan rute perjalanan yang terbaik. Selain itu, tentukan juga waktu keberangkatan yang tepat agar bisa menghindari jam-jam sibuk di jalan dan terhindar dari macet.

Halaman Selanjutnya
img_title