Bikin Ngiler, 5 Makanan yang Bisa Dicicipi saat Mudik Lebaran ke Lamongan

Menu makanan pecel lele
Sumber :
  • Imron Saputra/Viva Jatim

Lamongan, VIVA Jatim – Kabupaten Lamongan bisa dijadikan tujuan destinasi wisata kuliner lezat dan murah. Ada 5 makanan yang bisa dicoba bersama keluarga maupun teman saat mudik lebaran atau sedang berkunjung ke Lamongan.

Dina Tia, Mahasiswi KPI UINSA Surabaya Jadi Duta Ekowisata Jatim 2024

Makanan yang pertama yang bisa dinikmati adalah soto Lamongan. Makanan berkuah kuning dengan toping koya rasa gurih ini memang sudah tidak asing lagi bagi warga Lamongan khususnya dan masyarakat laur. Makanan ini juga terasa nikmat karena terdapat potongan daging ayam yang gurih. Harga seporsi soto Lamongan antara 10 sampai Rp 15 ribu.

Selanjutnya adalah wingko babat, kudapan yang terbuat dari ketan dan parutan kelapa muda ini memiliki rasa yang manis dan legit. Makanan ini sangat cocok untuk buah tangan bagi keluarga maupun tetangga. Wingko Babat sendiri dulunya dikenalkan oleh warga keturunan Tionghoa yang bermukim di Babat. Panganan ini juga sudah dibuat sejak tahun 1898, silam.

Wujudkan Pemilu Aman, Pj Gubernur Adhy Karyono Raih PWI Jatim Award

Berikutnya ada Sego Boran. Makanan ini hanya bisa dijumpai di Lamongan saja. Tak banyak warga luar daerah yang mengenalnya karena hanya dijual di Lamongan. Uniknya lagi makanan tersebut semuanya berasal dari salah satu desa di Lamongan yaitu Desa Sumberejo.

Makanan berupa nasi dengan berbagai macam toping lauk ayam, ikan dan jeroan ayam ini juga sudah telah terdaftar dalam Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) dan Kemenkumham.

Sama-sama Maju Pilkada, Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Berebut Rekom PDIP

Makanan berikutnya adalah pecel lele Lamongan. Bagi masyarakat makanan ini sudah banyak dan sering dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Pecel lele adalah makanan yang terbuat dari ikan lele yang digoreng dengan sambal yang khas serta memiliki rasa pedas dan sedikit manis.

Makanan ini juga kerap dijual oleh pedagang pecel lele terutama di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title