Tips Merawat Mobil yang Lama Tidak Terpakai usai Ditinggal Mudik

Ilustrasi kap mesin mobil
Sumber :
  • VIVA Otomotif

Surabaya, VIVA JatimMudik Lebaran telah usai, namun kewajiban menjaga kondisi mobil juga harus diutamakan. Justru ini merupakan momen penting untuk memastikan mobil tidak mengalami masalah, setelah ditinggal mudik selama berhari-hari.

Satlantas Polres Lamongan Klaim Angka Kecelakaan Minim di Jalur Mudik Lebaran

Hermas E Prabowo Ketua Umum Persatuan Bengkel otomotif Indonesia (PBOIN), memberikan tips yang harus dilakukan terhadap mobil yang lama tidak terpakai usai ditinggal mudik Lebaran ke kampung halaman.

Hermas menyebut mobil yang ditinggal lama perlu diperiksa karena dapat mengalami beberapa hal tergantung pada kondisi lingkungan dan bagaimana mobil itu ditinggalkan, mulai dari penurunan kinerja aki atau baterai hingga kerusakan mekanis.

Kapolri: Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Malam Ini

“Sebelum menyalakan mobil, pastikan tegangan listrik aki cukup, sehingga mampu untuk starter mobil, pastikan air akinya cukup (jenis aki basah), tambahkan bila kurang,” kata Ketua Umum PBOIN pada Senin, 15 April 2024.

Kemudian, lanjut dia, periksa pula oli mesin dengan menarik tongkat ukur oli yang biasanya terletak dekat mesin. Umumnya, tongkat ukur oli memiliki pegangan berwarna cerah dan terdapat tanda atau tulisan “OIL” pada tongkat tersebut.

Selama Libur Lebaran, Satlantas Polres Nganjuk Siapkan Bengkel Keliling Gratis Layani Pemudik

Periksa tingkat oli yang menempel pada tongkat. Biasanya, ada tanda atau dua tanda pada tongkat yang menunjukkan level minimum dan maksimum oli. Pastikan level oli berada di antara dua tanda tersebut. Jika level oli berada di bawah level minimum, tambahkan oli sesuai kebutuhan.

Selain tingkatnya, perhatikan juga kondisi oli. Oli yang sehat biasanya berwarna kecokelatan atau kehitaman dan bersih. Jika oli terlihat kotor, berwarna keruh atau berbau busuk, mungkin sudah waktunya untuk menggantinya.

Halaman Selanjutnya
img_title