Skin Booster dengan Hyaluronic Acid Bikin Kulit Awet Muda secara Instan, Benarkah?

dr Daniel Widiyanto (kiri) berbincang dengan Mulialie (kanan)
Sumber :
  • VIVA Jatim/Mokhamad Dofir

Surabaya, VIVA Jatim - Hyaluronic Acid (HA) semakin populer sebagai bahan aktif dalam perawatan kulit. Klaim bahwa bahan ini dapat memberikan efek awet muda secara instan menarik perhatian banyak orang. Namun, benarkah Hyaluronic Acid mampu memberikan hasil secepat itu?

Bisnis Waralaba Kecantikan di Bangkalan Ini Berkonsep Syariah

Pakar estetika sekaligus ahli dermatologi, dr Daniel Widiyanto menjelaskan bahwa Hyaluronic Acid adalah molekul alami yang terdapat dalam kulit, berfungsi menjaga kelembapan dan elastisitas. Karena manfaatnya, banyak produk perawatan kulit menggunakan HA sebagai bahan aktif.

Namun, dr Daniel menegaskan tidak semua produk mengandung HA dapat memberikan efek instan, terutama jika pemakaian hanya diaplikasikan secara topikal atau dioleskan pada kulit.

Sarwendah Lakukan Operasi Kecantikan ke Korea, Netizen : Kenapa di Tengah Gugatan Cerai

"Ukuran molekul HA cukup besar, sementara teknologi kita saat ini belum mampu mengecilkannya hingga lebih kecil dari ukuran pori-pori kulit kita. Akibatnya, saat [produk perawatan kulit] dioleskan, sebagian besar HA hanya tertinggal di permukaan kulit, padahal yang kita butuhkan adalah keberadaannya di bawah permukaan kulit," jelas dr Daniel pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari HA, dr Daniel merekomendasikan penggunaan skin booster melalui metode suntik.

Rahasia Kulit Cerah dari SYB yang Bisa Dilakukan di Rumah

"Metode suntik memungkinkan HA masuk ke lapisan dalam kulit, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara optimal. Sebaliknya, jika hanya dioleskan, seringkali molekul HA yang besar tidak bisa menembus pori-pori kulit," tambahnya.

Pemilik Facena Beauty Clinic ini menyebut pemakaian produk jenis skin booster biasanya tidak menimbulkan alergi pada kulit, sehingga pemakainya tidak perlu mengawali dengan tes alergen sebelum menggunakan dan bisa dipakai semua orang di usia 25 tahun ke atas.

Halaman Selanjutnya
img_title