Menjaga Hutan Kandung, Perhutani Tulungagung Tanam 2 Ribu Pohon

Penanaman 2 pohon di Wisata Alam Kandung Tulungagung
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

JatimWisata Alam Kandung milik Perhutani di wilayah Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur masih terjaga alami. Cara melestarikan kealamian tersebut dengan menanam pohon sebanyak 2 ribu bibit dan pembuatan biopori oleh sejumlah komunitas dan stakeholder.

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

Salah satu panitia penanaman pohon sekaligus Ketua Karangtaruna Desa Tanen Lukman Khakim menjelaskan, pasca penanaman paling utama adalah kesadaran bahwa adanya sumber air yang ada di wilayah hutan wisata alam kandung ini sangat dipengaruhi oleh adanya hutan yang saat ini tetap lestari.

"Keberadaan masyarakat di Desa Tanen yang notabene adalah pengelola lahan-lahan yang ada di Perhutani yang juga memanfaatkan sumber air tersebut untuk kebutuhan sehari-hari," ungkap Lukman Khakim saat dikonfirmasi, Minggu 18 Desember 2022.

Bayi Kembar Siam di Tulungagung Dioperasi Pemisahan Tunggu 8-10 Bulan

Jumlah penanaman pohon berupa alpukat hingga pohon durian didapatkan dari berbagai instansi. Mendapat bibit dari Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Trenggalek yang wilayahnya sampai Tulungagung, PPLH Mangkubumi dan seterusnya. 

Menurut pria yang kesibukannya beternak dan bertani ini menuturkan, keberadaan daripada Hutan Kandung sangat berpengaruh dengan kondisi kelabilan tanah. Karena sebagai Wilayah Desa Tanen mengalami pergerakan tanah disebabkan pernah terjadi suatu saat hutan itu gundul atau tanaman masih kecil.

Ambulans Angkut 8 Penumpang Alami Kecelakaan di Tulungagung, 3 Luka-luka

Tidak hanya itu, pernah karena adanya penjarahan kayu, menyebabkan rentang beberapa waktu tanah menjadi labil. Akan tetapi ia bersyukur, saat ini hutan sudah menjadi besar-besar. Sehingga tanah tersebut berkurang perihal tanah gerak.

"Hal tersebut menyebabkan sejumlah warga mengungsi kini sudah kembali. Memang tidak layak huni, tapi yang bersangkutan tetap menginginkan di lokasi tersebut," paparnya.

Halaman Selanjutnya
img_title