Kanker Payudara Mengintai, Lakukan Hal Ini untuk Mencegahnya

Ilustrasi Cegah Kanker Payudara
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang membahayakan sekaligus mengancam para wanita. Hingga kini penderita kanker payudara kian meningkat. Terbaru, artis komedian, Nunung Srimulat juga didiagnosa kanker payudara. Istri Iyan Sambiran itu pun lantas bersedih lantaran kembali diterba cobaan. 

Geger Temuan Potongan Payudara Punya Pengidap Kanker, Ini Kata IDI Jatim

Kendati demikian, sebenarnya kanker payudara bisa dicegah sejak dini dengan mengonsumsi makan-makanan yang tepat. Hal mendasar yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah apakah punya risiko kanker payudara secara genetik atau faktor keturunan. Sebab salah satu penyebab penyakit ini adalah faktor keturunan. 

Dikutip dari Viva Lifestyle, Dokter Konsultan Spesialis Onkologi dr Rian Fabian Sp.Onk (K) mengatakan bahwa mencegah kanker payudara sebenarnya tak memalui jalur yang sulit. Langkahnya terbilang cukup mudah dan sederhana, yang paling utama adalah mengenali riwayat kanker pada keluarganya. 

Terungkap, Potongan Payudara di Adventure Land Surabaya Milik Pengidap Kanker

"Langkah pertama harus sadar dulu bahwa apakah perempuan ini ada risiko kanker payudara secara genetik. Sadari itu penting," ujarnya dalam temu media Hari Kanker Sedunia bersama Kementerian Kesehatan RI, Kamis 2 Februari 2023. 

Periksa Payudara Sendiri (Sadari) ini bisa dilakukan semua wanita dengan memeriksanya di rumah di waktu tertentu. Serta diimbangi dengan Periksa Payudara Klinis (Sadanis) di fasilitas kesehatan seperti puskesmas.

Potongan Payudara Ditemukan di Wisata Adventure Land Benowo Surabaya

Kementerian Kesehatan RI mengimbau setiap perempuan untuk melakukan Sadari dan Sadanis secara berkala dengan tujuan menemukan benjolan dan tanda-tanda abnormal pada payudara sedini mungkin agar dapat dilakukan tindakan secepatnya. Sadari dan Sadanis dapat dilakukan setiap bulan pada hari ke 7 hingga ke 10 terhitung dari hari pertama haid, atau pada tanggal yang sama setiap bulan bagi perempuan yang sudah menopause.

"Kemudian, pemeriksaan dalam setahun sekali ke dokter. Kalau perempuan sudah usia 40 tahun ke atas, sebaiknya Sadanis untuk cegah kanker payudara," bebernya.

Halaman Selanjutnya
img_title