Punya Masalah Jerawat di Area Intim? Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Ilustrasi bau tak sedap miss v
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Bila pada umumnya jerawat tumbuh di area wajah maupun punggung, ternyata juga bisa tumbuh di area intim kewanitaan. Biasanya, muncul di vagina tepatnya di area bibir atau vulva, yakni bagian terluar dari alat kelamin wanita.

Ini Dia Titik Paling Sensitif Wanita menurut Seksolog, bikin Orgasme Lebih Greget!

Lantas apa yang membuat jerawat timbul di area vagina? Berikut ini penjelasan dokter spesialis Dermatologi Venereologi Estetika dari RS Pondok Indah, dr. Suksmagita Pratidina, Sp D.V.E, dilansir dari VIVA, Kamis, 16 Maret 2023.

Dijelaskan Gita, sapaan akrabnya, area yang berbulu adalah area yang memiliki kelenjar minyak. Sehingga kata dia semua area yang memiliki kelenjar minyak rentan timbul kelembapan hingga bakteri akan suka dengan lingkungan itu. Hal ini membuat populasi bakteri bertambah banyak hingga memicu timbulnya jerawat.

Cara Alami Atasi Miss V Luka dan Robek Usai Melahirkan atau Berhubungan Seks

“Jadi gak cuman area vagina, area berbulu seperti ketiak itu sangat mudah timbul bisul atau jerawat,” kata dr Gita kepada VIVA saat ditemui dalam acara small group discussion RS Pondok Indah, Rabu 15 Maret 2023.

Sementara itu untuk penanganan jerawat berfokus pada kelembaban. Sebab jika area vagina terlalu lembap bisa menyebabkan bakteri yang dapat memicu terjadinya jerawat.

Bikin Tak PD, Jerawat dan Kulit Berminyak Bisa Diatasi dengan Hal Ini

“Mulailah dengan menjaga area vagina jangan terlalu lembab. Contoh ketika banyak berkegiatan pastikan kita menggunakan celana dalam yang nyaman dan mudah menyerap. Normal jika dalam satu hari kita mandi dua kali tapi kegiatan kita panjang periode, jadi jangan lembab. Kita bisa bawa celana dalam ganti atau menggunakan pad atau pantyliner tanpa parfum untuk menjaga kelembaban jangan terlalu berlebihan,” kata dia.

Selain itu jerawat pada area vagina juga bisa terjadi karena terlalu panjangnya bulu pubis atau bulu pada area kewanitaan. Dijelaskan Gita bahwa jika bulu pubis kita dibiarkan terlalu panjang bisa menimbulkan kondisi kewanitaan menjadi lembab yang memudahkan bakteri muncul sehingga jerawat timbul.

Halaman Selanjutnya
img_title