Jangan Asal Beli, Ini Jenis Kurma Kesukaan Rasulullah untuk Buka Puasa

Ilustrasi Kurma
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Mengawal makanan manis saat berbuka puasa adalah ajaran yang dianjurkan. Secara medis, anjuran ini pun juga memiliki ragam manfaat. Seiring perkembangan zaman, jenis makanan yang manis makin beragam. Hingga tak jarang ada yang berbahan baku pemanis buatan yang tentu saja kurang baik untuk kesehatan.

Lewat Buka Puasa Bersama, MKI Bangun Konsolidasi antar Sektor Ketenagalistrikan

Sejatinya, sedari awal agama Islam telah mengajarkan banyak hal yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti halnya meniru cara Nabi Muhammad SAW berbuka puasa. Beliau selalu mengawalinya dengan mengonsumsi buah kurma.

Mengawali buka puasa dengan mengonsumsi buah kurma termasuk sunnah. Namun, tidak asal kurma yang dikonsumsi Nabi. Ada kurma jenis tertentu yang menjadi pilihan dan kesukaan Nabi yang selalu menemani buka puasa.

Apakah Shalat Tetap Sah Jika Tidak Hafal Bacaannya? Begini Penjelasan Buya Yahya

Dilansir dari VIVA pada Minggu, 9 April 2023, Dokter Zaidul Akbar menyebut bahwa jenis kurma kesukaan nabi ia kurma jenis ruthob atau kurma basah. Kurma jenis ini jarang diketahui banyak orang. Kendarj begitu, buah asal Timur Tengah ini memiliki ragam manfaat untuk kesehatan.

"Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa Rasulullah SAW berbuka dengan menggunakan ruthob. Ruthob itu kurma basah," jelas Dokter Zaidul Akbar. 

Simak 5 Manfaat Mengonsumsi Kurma Saat Berbuka Puasa, Kaya Nutrisi!

Dokter Zaidul Akbar sangat menyarankan konsumsi kurma ruthob untuk berbuka puasa. Tak perlu dipusingkan soal bagaimana cara membelinya dari luar negeri, saat ini teknologi sudah sangat canggih sehingga memungkinkan siapapun untuk mendapatkannya.

Menurut dokter Zaidul, ada dua jenis kurma yang sudah diketahui secara luas yaitu kurma basah atau ruthob dan kurma kering. Sementara kurma kering memiliki tekstur yang lebih keras, kurma basah justru punya kandungan air yang membantu penyerapan nutrisi lebih baik.

Halaman Selanjutnya
img_title