Ilmuwan Sebut 2029 Manusia bakal Komunikasi dengan Alien, Apa Jadinya?

Ilustrasi alien
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Kehidupan lain di planet atau Tata Surya tak lama lagi akan bisa berinteraksi dengan kehidupan manusia di Bumi. Ya, para ilmuwan menyebut bahwa alien yang ada di planet lain akan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan manusia.

Mengenal Al-Jazari, Ilmuwan Muslim yang Dijuluki Bapak Robotika

Temuan ini didasarkan pada penyelesaian yang dilakukan dengan berkomunikasi dengan sejumlah wahana terjauh dari Bumi yang dikirim ke luar angkasa beberapa tahun lalu. Voyager 1 dan Voyager 2, yang diluncurkan pada 1977, terus melakukan perjalanan melalui ruang antarbintang.

Sementara Pioneer 10 dan Pioneer 11, masing-masing dikirim pada 1972 dan 1973, bersama New Horizons (2006), berada di jalur untuk melewati heliopause dalam perjalanannya ke ruang antarbintang.

Sampai Kapan Bumi akan Bertahan?

Dikutip dari VIVA, Peneliti dari University of California, Amerika Serikat (AS) mempelajari sinyal yang dikirim ke pesawat untuk mencoba menemukan bintang di dekat mereka yang memiliki posisi terbaik untuk mencegat pesan.

Mereka kemudian membuat daftar bintang yang harus menghadapi sinyal Bumi pada abad berikutnya dan menemukan bahwa peradaban alien dapat mengirimkan pesan segera pasca 2029.

Hari Ozon Sedunia, Tiga Sekolah Adiwiyata di Gresik Tolak Kemasan Plastik

Hal itu karena ilmuwan menemukan bahwa Pioneer 10 mencapai bintang kerdil putih sekitar 27 tahun cahaya pada 2002, seperti dikutip dari VIVA, Sabtu, 29 April 2023.

Hasilnya dipublikasikan di Publications of the Astronomical Society of the Pacific, di mana Howard Isaacson, seorang astronom Berkley dan salah satu penulis karya tersebut, berkata bahwa ini adalah ide terkenal dari Carl Sagan, yang menggunakannya sebagai tema di film Contact.

Halaman Selanjutnya