Ada Festival Rujak Uleg, Jalan Kya-Kya Kembang Jepun akan Ditutup

Suasana Festival Rujak Uleg di Surabaya tahun lalu.
Sumber :
  • Humas Pemkot Surabaya

Jatim – Jalan kawasan Kya-Kya di Kembang Jepun, Kecamatan Pabean Cantikan, Kota Surabaya, akan ditutup selama dua hari, Jumat-Sabtu, 5-6 Mei 2023. Di jalan yang dikenal sebagai kawasan pecinan itu akan digelar Festival Rujak Uleg dalam rangka Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730 pada Sabtu.

Begini Cara Pemkot Surabaya Wujudkan PPDB SMPN 2024 Lebih Berkeadilan

Sub Koordinator Pengawas dan Pengendalian Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub Kota Surabaya, Soe Priyo Utomo, mengatakan, karena ditutup, maka akan diterapkan pengalihan lalu lintas yang menuju Jalan Kembang Jepun. Jalan akan ditutup pada Jumat besok mulai pukul 16.00 WIB.

Dia menjelaskan, bagi kendaraan dari Jalan Rajawali menuju Jalan Kembang Jepun, pengendara bisa melintasi Jalan Kalimati Kulon. Apabila arus lalu lintas di kawasan tersebut terjadi kepadatan kendaraan dari Jalan Rajawali ke arah Jalan Kembang Jepun, sebelum gapura Kya-Kya, kendaraan akan dialihkan ke arah Jalan Veteran menuju ke Jalan Kebon Rojo hingga Jalan Karet. 

Bus SSCT Manjakan Wisatawan dengan Keliling Kota Surabaya

“Untuk yang mau menyaksikan Festival Rujak Uleg 2023 bisa melalui jalan alternatif tersebut,” kata Priyo dalam keterangan tertulis diterima Viva Jatim, Kamis, 4 April 2023. 

Tidak hanya jalan raya, pertokoan yang ada di sepanjang Jalan Kembang Jepun juga diminta tutup mulai pagi. Priyo memastikan, mulai pagi hari di kawasan Kya-Kya sudah steril. “Nah, untuk jalur yang digunakan lalu lintas tamu VIP, akan dilewatkan ke arah Jalan Songoyudan. Sedangkan tamu hotel akan diarahkan ke Jalan Slompretan,” jelas Priyo.

Warga Surabaya Keluhkan Pagar Penghalang Motor di Trotoar Banyak yang Rusak

Selain pengalihan arus lalu lintas dan penutupan jalan, Dishub Kota Surabaya juga melakukan pengawasan parkir. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya parkir liar yang mematok harga tidak sesuai ketentuan tarif Dishub Kota Surabaya. “Tarif parkirnya tetap, kendaraan roda dua Rp 3.000 ribu dan roda empat Rp 5.000 ribu,” kata Priyo.

Festival Rujak Uleg merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan saat peringatan Hari Jadi Kota Surabaya. Tahun ini, Festival Rujak Uleg resmi menjadi bagian dari Karisma Event Nusantara (KEN) yang dikenal sebagai kalender event nasional milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Halaman Selanjutnya
img_title