Daihatsu Tegaskan Mobil yang Dijual di Indonesia Bebas Masalah

Booth Daihatsu di IIMS 2021
Sumber :
  • viva.co.id

Belum lama ini santer kabar mengenai adanya masalah pada uji tabrak mobil Daihatsu, di mana terjadi pelanggaran prosedur saat pengajuan persetujuan uji tabrak samping, untuk empat model kendaraan yang dikembangkan oleh mereka yang ditujukan untuk pasar luar negeri.

Minat Masyarakat Beli Mobil Baru Menurun di 2023, Berikut Daftar Penjualan Paling Laris

Proses uji tabrak sendiri merupakan salah satu prosedur, yang dilakukan untuk mengetahui seberapa aman mobil baru yang dipasarkan secara umum. Biasanya, proses ini dilakukan oleh badan khusus yang menangani keselamatan transportasi.

Dalam investigasi yang dilakukan oleh perusahaan, Daihatsu menemukan bahwa ada pelanggaran dalam prosedur uji tabrak samping, yakni modifikasi tidak tepat pada bagian dalam pelapis pintu depan kursi.

Terlaris di Indonesia Mulai Rp135 Juta, Berikut Spesifikasi dan Harga Mobil Daihatsu Sigra

Perusahaan menyatakan bertanggung jawab atas seluruh proses, mulai dari pengembangan hingga lulus uji sertifikasi yang diperlukan. Termasuk untuk model yang nantinya dipasarkan dengan logo Toyota.

Setelah menemukan pelanggaran ini, Daihatsu segera melaporkan dan berkonsultasi dengan otoritas inspeksi dan sertifikasi, dan pengiriman kendaraan ditangguhkan di negara-negara di mana persetujuan telah diberikan setelah berdiskusi dengan Toyota.

Berikut Fakta Unik tentang Daihatsu Sigra

Selain itu, Daihatsu melakukan uji ulang di dalam perusahaan dan melaporkannya ke otoritas inspeksi dan sertifikasi.

Jika kinerja tabrakan samping memenuhi persyaratan peraturan, pengiriman kendaraan akan dilanjutkan.

Halaman Selanjutnya
img_title