Benarkah Nasi Putih Hangat Bikin Diabetes? Begini Penjelasan Ahli

Nasi Putih (Ilustrasi)
Sumber :
  • Istimewa

Sebagian masyarakat Indonesia sebagian sumber makanannya adalah nasi, terutama nasi yang hangat selalu jadi sumber makanan favorit.

Waspada 5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran

Salah satu jenis karbohidrat ini dianggap nikmat dengan rasanya yang pas di lidah saat dimakan ketika hangat, namun kerap dikhawatirkan memicu penyakit tidak menular seperti obesitas. Apa kata dokter?

Dokter spesialis gizi klinik, dr. Diana Suganda menjelaskan bahwa nasi putih hangat kaitannya dengan obesitas karena beberapa faktor. Namun diakui dokter Diana, kalori dalam nasi putih yang berbeda suhu sebenarnya sama saja.

Ketahui 4 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

"Obesitas kan (dipengaruhi) kalori. Kalori di nasi putih hangat dan dingin, itu sama aja kalorinya," tuturnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, Senin 15 Mei 2023.

Kendati begitu, mengonsumsi nasi putih dengan suhu hangat rasanya lebih nikmat dibanding dengan suhu ruangan. Faktor ini, lanjut dokter Diana, membuat keinginan makan atau nafsu makan kian bertambah lebih besar sehingga kalorinya pun berlebihan memicu obesitas.

Kick Off Program ASV, Ajinomoto Gandeng Pemkab Mojokerto Cegah Stunting dan Obesitas

"Nasi hangat lebih gampang nambah karena nikmat. Sehingga konsumsi bertambah itu yang bikin nasi hangat jadi naik (berat badan nya)," tambahnya.

Meski begitu, perbedaan suhu nasi tersebut berkaitan dengan penyakit diabetes yang dipengaruhi oleh gula darah. Menurutnya, diabetes rentan terjadi ketika mengonsumsi deret makanan atau minuman dengan indeks glikemik yang tinggi.

Halaman Selanjutnya
img_title