Ragam Aktivitas Ini Picu Adhesive Capsulitis, Dokter Akan Lakukan Hal Ini untuk Mengatasinya

Ruslan Nazarudin Simanjuntak mempraktekan metode peregangan
Sumber :
  • Viva Jatim/M Dofir

Surabaya, VIVA JatimAdhesive capsulitis, atau yang lebih dikenal sebagai frozen shoulder, adalah kondisi medis yang menyebabkan rasa nyeri dan kekakuan pada sendi bahu. Penyebab pasti kondisi ini belum sepenuhnya dipahami, namun beberapa aktivitas tertentu diketahui dapat memicu atau memperburuk kondisi ini.

Kerabat Ungkap Penyakit yang Diderita Ayah Via Vallen sebelum Meninggal

Prof Dr G Ruslan Nazarudin Simanjuntak, seorang ahli ortopedi dari ALTY Orthopaedic Hospital, menjelaskan bahwa beberapa aktivitas yang melibatkan gerakan berulang atau tekanan berlebih pada bahu dapat meningkatkan risiko terjadinya adhesive capsulitis.

Dan paling beresiko mengalami bahu kaku, ialah mereka yang berusia di atas 40 tahun, penderita diabetes dan berjenis kelamin perempuan.

Waspada 5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran

"Tapi biasanya itu [dialami] orang yang jatuh, kemudian dia nahan menggunakan tangannya buat menopang. Ataupun mereka yang sering angkat berat atau belanja bawa barang kiri kanan dengan berat lebih dari biasanya itu sebagai salah satu penyebab," ujar Dr G Ruslan saat berada di Surabaya, Senin, 1 Juli 2024.

Selain itu, gerakan badan berputar saat mengambil sesuatu dari kursi kemudi ke bangku belakang mobil juga bisa memicu terjadinya kondisi ini. Pekerjaan yang membutuhkan posisi duduk dengan bahu yang kaku atau membungkuk dalam waktu lama juga dikatakannya, dapat berkontribusi.

Hindari Anak dari Susu Berperisa, Bisa Kena Diabetes Sejak Kecil

Nah, untuk mengatasi adhesive capsulitis, dokter biasanya akan melakukan beberapa langkah pengobatan.

Dr G Ruslan menjelaskan, langkah pertama yang direkomendasikan adalah terapi fisik, "terapi fisik sangat penting untuk mengembalikan rentang gerak dan mengurangi kekakuan pada bahu," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title