Pantai Pidakan Suguhkan Bebatuan Kecil Mempesona hingga Pendopo Astra

Suasana Pantai Pidakan di Kabupaten Pacitan.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Pacitan, VIVA JatimPesisir Selatan Jawa menyimpan hamparan pantai yang mempesona. Salah satunya Pantai Pidakan yang berada di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan memiliki ciri khas bebatuan kecil-kecil.

Kabar Baik Bagi Nelayan Lamongan, Pantai yang Alami Pendangkalan Bakal Dikeruk

Ada juga hal yang menarik di sebelah sisi pantai. Terdapat pendopo klasik khas Jawa yang luas menambah suasana sejuk. Pendopo Astra namanya, bau-baru ini mendapat pendampingan sebagai Kampung Berseri Astra (KBA). Pun sejauh mata memandang, ombak pantai mengajak berlama-lama pengunjung menikmati pantai. 

Ketua Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Makmur Desa Jetak, Slamet (41) mengungkapkan bahwa nama pantai berasal dari kondisi karakter. Pantai Pidakan berasal dari Bahasa Jawa yang berarti tempat untuk berjalan tapak kaki.

Resep Membuat Olahan Ikan Asap Rumahan yang Lezat, Mau Coba?

"Banyak bebatuan kecil-kecil yang alami. Dari kata pidak diinjak, kalau bermasalah kesehatan bisa untuk terapi kesembuhan," ungkap Slamet kepada VIVA Jatim, Rabu, 11 Oktober 2023.

Ia mengaku, pantai ini berasal dari tahun 2014 dan langsung dikelola Bumdes. Lalu, saat ini sudah kerjasama dengan PT Astra mulai tahun ini 2022 dan sudah berjalan 2 tahun masuk Kampung Berseri Astra (KBA).

7 Pantai Sepanjang JLS Tulungagung-Trenggalek, Cocok untuk Liburan Keluarga Akhir Tahun

Akses menuju lokasi pantai cukup mudah, pasalnya sudah beraspal, dari Kota Pacitan menuju ke timur sekitar 30 menit sampai Wisata Pantai Pidakan, Pantai Benges, dan Pantai Watubalik.

Slamet mengungkapkan Astra tertarik desa wisata yang dikelola Bumdes, selain memiliki potensi keindahan alam juga telah memiliki legalitas dari Kemenkumham. Bumdes Makmur mengelola desa wisata sebanyak 3 lokasi.

Halaman Selanjutnya
img_title