Resmikan Wisata Desa di Lumajang, Pj Gubernur Jatim: Desa akan Jadi New Centre of Growth

Pj Gubernur Jatim di Festifal Wisata Desa di Lumajang.
Sumber :
  • Humas Pemprov Jatim

Lumajang, VIVA Jatim – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono meresmikan wisata baru Glamour Camping (Glamping) Zona KIP di Desa Wisata Tumpak Selo, Desa Petahunan, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, Rabu, 17 Juli 2024. Ia meyakini, dengan pengembangan yang baik, desa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru bagi Jawa Timur. 

Transaksi Octo Pay Tercatat Rp 80 Miliar di Kediri

Peresmian ditandai dengan pemecahan kendi dan pelepasan merpati oleh Pj Gubernur Adhy didampingi Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur Budi Sarwoto, dan Kepala DPMD Kab. Lumajang Mustajib.

Desa Wisata Tumpak Selo merupakan bagian dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tirta Arum. Peresmian ini juga dirangkai dengan Kirab Ageng Mendo Suro dan Festival Wisata Desa Jawa Timur Tahun 2024. 

Polda Jatim Kumpulkan Ratusan Kantong Darah saat Bakkes Harlantas ke-69 di Surabaya

Adhy mengatakan, pengembangan serta penguatan kapasitas BUM Desa harus terus dilakukan, ditunjang dengan aksesibilitas yang baik untuk bersaing dan menjadi pemenang di pasar bebas.

"Maka melalui BUMDes, saya meyakini desa akan menjadi new centre of growth bagi kemajuan ekonomi Jawa Timur. Tentunya pengembagan desa wisata juga diharapkan dapat mendorong pembangunan Desa Mandiri," kata Adhy. 

Presiden Jokowi sudah Teken Surat Mundur Mensos Risma

Upaya ini, lanjut dia, sejauh ini telah membuahkan hasil yang baik di berbagai kabupaten/kota. Dalam kurun waktu tahun 2019-2021, Jatim mampu menurunkan 344 desa tertinggal dan sangat tertinggal, sehingga per 2021 Jawa Timur mampu terbebas dari desa Tertinggal dan sangat tertinggal. 

"Bahkan di tahun 2024, Jawa Timur mencapai jumlah Desa Mandiri tertinggi nasional, dengan jumlah 2.800 desa," ujar Adhy. 

Halaman Selanjutnya
img_title