Resep Membuat Olahan Ikan Asap Rumahan yang Lezat, Mau Coba?

Ikan asap (ilustrasi)
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim –Kalian pasti sudah tidak asing dengan kuliner ikan asap, ya kan? Sesuai dengan namanya, ikan ini biasanya dijajakan atau dijual dalam kondisi sudah diasap. Lantas, mengapa ikan-ikan tersebut harus diasap?

Mengenal Sejarah Ketupat yang Identik dengan Menu Khas Lebaran

Pengasapan adalah salah satu teknik pengawetan ikan agar bisa tahan lama dan tidak mudah basi. Apalagi saat hasil tangkap atau jumlah ikan berlebih, maka dibutuhkan waktu lama dalam pendistribusian. 

Selain itu, pengasapan juga bertujuan membunuh bakteri dan memberikan cita rasa yang lebih nikmat pada ikan.

Bikin Ngiler, 5 Makanan yang Bisa Dicicipi saat Mudik Lebaran ke Lamongan

Proses pengasapan ikan menggunakan asap panas yang berasal dari pembakaran kayu atau bahan-bahan organik lainnya. Ikan-ikan yang diasap akan sedikit mengeras, kering, dan berwarna kecokelatan atau kehitaman.

Masyarakat Jawa Timur cukup menggemari olahan ikan asap. Ikan asap dapat dijumpai di daerah pantai, biasanya ikan asap disajikan menjadi penyetan atau dimasak dengan kuah santan yang gurih. 

Soto Ayam Kuah Kuning, Cocok Jadi Hidangan Buka Puasa Kala Hujan

Di pasaran, biasanya ikan diasap hingga matang sehingga ikan bisa dikreasikan dengan mudah dan cepat. Namun tidak ada salahnya untuk coba membuat ikan asap sendiri di rumah. Cara membuatnya ikan asap tidak sulit tetapi memerlukan keterampilan khusus. Apalagi membutuhkan waktu beberapa jam untuk membuatnya. 

Kalau kalian ingin mencoba membuatnya untuk mengisi waktu. Simak cara membuat ikan asap rumahan berikut ini.

Halaman Selanjutnya
img_title