Ingin Sukses Berhenti Merokok, Ini Dia Tipsnya!

Ilustrasi dilarang merokok
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Sebagian orang menjadikan aktifitas merokok sebagai kebiasaan yang dilakukan setiap hari, bahkan menjadi wajib. Lantas, hampir semua perokok sulit untuk berhenti karena sudah kecanduan. 

Tak Perlu Panik, Dinkes Surabaya Bagikan Tips Hindari Penyakit Flu Singapura

Di lain sisi, rokok diklaim sebagai barang berbahaya bagi tubuh manusia. Sehingga pemerintah menganjurkan untuk tidak mengkomsumsi rokok. Beberapa upaya pemerintah dilakukan agara gaya komsumtif masyarakat dalam merokok berkurang, mulai menaikkan harga rokok, mewajibkan pabrik rokok mencantumkan gambar orang yang mengidap penyakit gara-gara merokok, hingga tulisan peringatan bahaya merokok. 

Upaya tersebut bertujuan menekan angka komsumen rokok. Bagu para perokok yang ingin berhenti sebenarnya cukup mudah apabila dengan niat yang sungguh-sungguh. Berikut tips sukses berhenti merokok, dikutip dari VIVA, Ahad 19 November 2023.

Waspada 5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran

1. Tentukan Alasan dan Tujuan Berhenti

Langkah pertama yang krusial adalah menentukan alasan dan tujuan pribadi kamu untuk berhenti merokok. Apakah itu untuk meningkatkan kesehatan, menghemat uang, atau meningkatkan kualitas hidup bersama orang yang dicintai. Mengetahui alasannya akan memberikan motivasi yang kuat untuk melalui proses berhenti merokok. 

Libur Lebaran, Dokter Imbau Warga RI Waspada Flu Singapura dan DBD

2. Rencanakan Strategi Pengganti

Banyak orang merokok sebagai bentuk kebiasaan atau koping. Oleh karena itu, penting untuk memiliki strategi pengganti yang sehat. Kamu bisa mencoba menggantikan kebiasaan merokok dengan kegiatan yang lebih positif, seperti olahraga ringan, jalan-jalan singkat, atau mengunyah permen karet saat keinginan untuk merokok muncul. 

Halaman Selanjutnya
img_title