Diluncurkan Khofifah, Poros Umi Jatim Mudahkan Ekspor dan Pengiriman Logistik UMKM

Peluncuan aplikasi Poros Umi Jatim oleh Gubernur Khofifah di Surabaya.
Sumber :
  • Humas Pemprov Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Gubernur Jawa Timur meluncurkan Portal Logistik Usaha Mikro Kecil Menengah Jawa Timur (Poros Umi Jatim) di Distribution Center Kamadjaja Logistics (KLOG Park), Surabaya, Senin, 11 Desember 2023. Dengan inovasi itu, kegiatan ekspor dan distribusi logistic UMKM di Jatim diharapkan lebih mudah.

331 Fasum di Pulau Bawean yang Rusak akibat Gempa Tuban Mulai Diperbaiki

Untuk diketahui, Poros Umi Jatim memiliki empat fitur utama. Yakni fitur Dapatkan dan Kelola Penawaran, Rencanakan Pengiriman, Registrasi, Lacak Pengiriman, dan Kembangkan Pengetahuan Logistik. 

Gubernur Khofifah menerangkan, Poros Umi Jatim adalah wujud layanan kemudahan ekspor yang dikampanyekan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kemudahan dimaksud tidak hanya pada sisi regulasi, tapi juga transportasi sehingga pelaku UMKM lebih mudah menjalankan usahanya. 

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

Khofifah menuturkan, aplikasi ini merupakan ikhtiar dalam menghadapi tantangan pembangunan UMKM pada 2024. Apalagi, aplikasi tersebut dibuat berdasarkan rekomendasi dari banyak akademisi dan ahli ekonomi yang menyarankan tiga hal yang perlu dilakukan agar UMKM naik kelas. Yaitu sinergi, kolaborasi, dan mediasi.

"Apa yang perlu dilakukan UMKM kata kuncinya ada sinergi, kolaborasi, dan mediasi. Jadi, semoga Poros Umi Jatim yang kita luncurkan hari ini dapat meningkatkan kinerja UMKM Jawa Timur, memudahkan untuk melakukan ekspor dan pengiriman logistik," katanya. 

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

"Salah satu yang paling dibutuhkan adalah koneksitas dari ketersampaian bahan produksi mereka. Jadi kami membuka sinergi dan kolaborasi supaya pelaku UMKM terkonfirmasi dan punya referensi bila ingin membeli atau mengirim barang," imbuh Khofifah.

Khofifah memaparkan, salah satu pemenuhan kebutuhan UMKM untuk memaksimalkan potensi ialah soal distribusi. Terlebih karena dari 32 rute tol laut yang ada di Indonesia, 27 trayek singgah di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. 

Halaman Selanjutnya
img_title